Ilustrasi kaca film di mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ilustrasi kaca film di mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Otomotif

Ini Tanda-Tanda Kaca Film Di Mobil Harus Diganti

Ekawan Raharja • 01 Juli 2022 10:00
Jakarta: Kaca film perlahan menjadi salah satu aksesoris wajib untuk mengurangi intensitas cahaya dan menghalau panas berlebih ke kabin. Meski lokasinya menempel di kaca bagian dalam dan berumur panjang, bukan berarti aksesoris ini luput dari pergantian.
 
Sr. Application Engineer PT 3M Indonesia, Iwan Pratama, menjelaskan umur kaca film bisa bertahun-tahun. Namun ketika warnanya sudah mulai berubah, ini pertanda kaca film harus mulai diganti.
 
"Kaca film itu bagian dari tampilan, dan tampilan sama dengan performa. Kalau tampilan sudah berubah yang semula belinya hitam lalu lama-lama warnanya hilang itu sama dengan performanya sudah berkurang," kata Iwan di Menteng Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain perubahan warna, penggantian kaca film bisa dilakukan apabila timbul gelembung. Adanya gelembung disebabkan daya tahan kaca film telah melemah sehingga tidak lagi melekat pada kaca mobil.
 
"Yang semula menempel optimal tetapi lambat laun lemnya tidak bisa megang dan lepas akhirnya menjadi gelembung, itu juga menjadi parameter dia harus ganti kaca film, karena kaca film itu adalah tampilan," kata dia
 
Halaman Selanjutnya
Cara Merawat Kaca Film Agar…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif