Toyota GR86. Toyota
Toyota GR86. Toyota

GIIAS 2022

All New Toyota GR86 Pertahankan Konsep Center of Gravity Rendah

Ekawan Raharja • 18 Agustus 2022 21:00
BSD City: All New Toyota GR86 generasi ke-2 sudah mengaspal di Indonesia dengan segala keunggulan yang ditawarkan. Para insinyur di Jepang masih mempertahankan sensasi berkendara fun to drive dengan handling lincah dan akurat, bobot ringan, distribusi berat seimbang, serta center of gravity rendah.
 
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan "86 merupakan sebuah sports car yang memiliki handling yang responsif berkat center of gravity yang rendah, dan mudah serta nyaman untuk dikemudikan harian maupun pada saat akhir pekan. Kami bersyukur sejak diperkenalkan pada tahun 2012, lebih dari 800 unit 86 telah menjadi sports car pilihan pelanggan di Indonesia," ungkap Anton.
 
86 mengambil inspirasi pengembangan dari AE86 yang begitu melegenda di era 1980-an, dan kini telah menjadi salah satu classic sports car yang dikagumi oleh para car enthusiast termasuk di Indonesia. Memiliki desain eksterior yang agresif dan aerodinamis, 86 juga digemari oleh banyak modifikator di dunia karena sports car ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dimodifikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Generasi terbaru yang ada GR86 mengekspresikan layout mesin depan dan penggerak roda belakang dengan mengadopsi style yang merujuk pada mobil sport klasik seperti Corolla 2000GT dan AE86 dengan ciri khas ruang mesin lebih panjang, kabin kompak, dan bodi lebar. Bahu mobil yang rendah dan sejajar garis kap mesin memberikan nuansa klasik sekaligus modern.
 
Toyota Gazoo Racing (TGR) membawa keahlian dan pengalaman di arena balap touring untuk memaksimalkan keunggulan aerodinamika sekaligus menanamkan racing look yang tegas. Seperti penggunaan Front Air Dam depan, Aero Stabilizing Grain di sudut bumper, Air Outlet di belakang roda depan, Side Sill Spoiler di bawah pintu, Rear Wheel Arch Fin pada lingkaran spatbor belakang, dan Rear Air Breather di bawah bumper depan. Sementara di atasnya, Ducktail Spoiler membantu menjaga kestabilan memanfaatkan aliran udara dari atap mobil. Selain itu, All New GR86 juga dibekali dengan 18-inch alloy wheel menguatkan racing look-nya.
 

Untuk memaksimalkan karakter sporty, All New GR86 juga sudah dilengkapi Official GR Aeroparts yang terdiri dari GR Front Bumper Spoiler, GR Rear Bumper Spoiler, GR Side Skirt, dan GR Trunk Spoiler. Selain itu tersedia juga TCO GR Parts khusus untuk All New GR86 seperti GR Interior Panel Set, GR Aero Stabilizing Cover, GR Sunshade, GR Knee Pad, GR Sport Side Visor, dan GR Sport Muffler bagi pelanggan yang ingin All New GR86 miliknya tampil berbeda.
 
Aplikasi mesin boxer ditempatkan serendah mungkin untuk memperoleh pusat gravitasi lebih ke bawah dan lebih aerodinamis. Engine yang bergerak berlawanan secara horizontal ini menggunakan blok mesin yang sama seperti 86, namun kapasitas mesin 4-silinder berkode FA24 ditingkatkan dari 1.998 cc menjadi 2.387 cc dengan menambah diameter piston dari 86 mm menjadi 94 mm.
 
Tenaga maksimum All New GR86 meningkat sekitar 17,5 persen dari 200 PS menjadi 235 PS pada 7.000 rpm. Torsi juga naik 22 persen dengan puncak 250 Nm pada 3.700 rpm, lebih baik dari sebelumnya yang berada di level 205 Nm pada 6.400 – 6.600 rpm. 
 
Sistem suspensi All New GR86 sebagai penopang kinerja mobil saat manuver cepat ikut direvisi. Karakteristik peredam kejut dan per keong dioptimalkan untuk memberikan pergerakan yang dapat diprediksi oleh pengemudi. Ditambah dengan Torsen limited-slip differential memberikan traksi yang meyakinkan saat menikung.
 
“Baik engine maupun suspension pada All New GR86 ini secara khusus dituning secara inhouse oleh tim balap TGR untuk menghasilkan karakter berkendara yang lebih sporty, serta akselerasi dan handling yang lebih responsive,” kata Anton.

 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif