Penjualan kendaraan elektrifikasi dari Toyota ternyata mengalami kenaikan 5 kali lipat, seperti ini detailnya. TAM
Penjualan kendaraan elektrifikasi dari Toyota ternyata mengalami kenaikan 5 kali lipat, seperti ini detailnya. TAM

Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota Naik 5 Kali Lipat?

Ahmad Garuda • 02 Maret 2024 08:37
Jakarta - Penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 ternyata membawa berita positif untuk industri otomotif nasional. Di mana penjualan kendaraan listrik ataupun kendaraan yang menggunakan sistem elektrifikasi seperti hybrid, cukup menggeliat pasca digelarnya pemilu pertengahan Februari 2024 lalu. Seperti yang dirasakan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai tahun 2024 dengan catatan penjualan yang mengesankan di pameran itu. 
 
Penjualan Toyota di IIMS 2024 diklaim naik 30% dari tahun lalu yang mencatatkan 1.947 SPK karena didorong oleh peningkatan sales kendaraan elektrifikasi (xEV). Dimotori oleh Kijang Innova Zenix HEV yang mencatat 411 SPK, berkontribusi terhadap 16.2% dari total keseluruhan pesanan mobil baru Toyota yang tembus 2.540 SPK. 
 
Kemudian Toyota Avanza dengan 380 SPK (15%) menempati posisi ke-2 yang diikuti Yaris Cross HEV di posisi ke-3 dengan 217 SPK (8.5%). Veloz dengan 190 SPK (7.5%) dan Kijang Innova Zenix Gasoline dengan 180 SPK (7.1%) kemudian menyusul di posisi ke-4 dan ke-5.
 
“Terima kasih atas kepercayaan pengunjung IIMS 2024 yang telah memilih kendaraan Toyota yang didukung mobility ecosystem komplit dan lengkap. Dengan Multi Pathway Strategy, Kami menyediakan pilihan kendaraan elektrifikasi (xEV) yang semakin diterima semua segmen masyarakat, mulai dari kebanggaan lokal Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV, hingga All New Vellfire HEV yang launching di gelaran ini," ujar Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan resminya.
 
Baca Juga:
Wisata Baru di Jakarta, Retrospektif Sejarah Indonesia Pakai Mobil Listrik


Henry Tanoto melanjutkan bahwa pencapaian SPK mereka di ajang pameran itu pun naik sekitar 30% dari IIMS 2023. "Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama kendaraan elektrifikasi akan tumbuh semakin kuat ke depannya sekaligus mendorong roda perekonomian negara.”
 
Dominasi raihan 411 SPK Kijang Innova Zenix HEV yang memimpin performa penjualan Toyota di ajang IIMS layaknya mampu merefleksikan apresiasi masyarakat terhadap model elektrifikasi secara umum dan Kijang secara spesifik. Animo masyarakat yang besar terhadap Medium MPV yang canggih dan modern ini, diperkuat gelar Car of The Year dari berbagai media ternama di tahun 2023 silam. 
 
Di samping tentunya DNA Toyota Kijang dari sisi fungsionalitas, ketangguhan, dan keandalan berkendara yang tetap dapat diwarisi dengan baik. Belum ditambah garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km untuk menghadirkan peace of mind bagi penggunanya. Catatan resale value  model-model elektrifikasi Toyota juga cenderung tinggi, dan bahkan pada beberapa model lebih baik dibanding varian bermesin bensinnya.
 
Sempat mengundang perhatian Presiden Joko Widodo saat opening ceremony IIMS 2024, Yaris Cross HEV siap menjadi kekuatan baru kendaraan elektrifikasi Toyota dengan 217 SPK. Cross SUV produksi anak bangsa ini, menggunakan hybrid powertrain yang 40% - 50% lebih efisien dari kendaraan bermesin bakar konvernsional dengan konsumsi bensin mencapai 31 km/liter, yang juga berarti emisinya sangat rendah mengingat mesin bensin kian jarang beroperasi.
 
Baca Juga:
11 Pelanggaran yang Jadi Target Operasi Keselamatan 2024

 
Ditilik dari penjualan xEV Toyota di event IIMS 2024, selain Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV, pendatang baru All New Vellfire HEV langsung mencatatkan penjualan dengan 55 SPK bersama saudaranya Alphard HEV yang mendapatkan 57 SPK. Sehingga jika ditotal bersama HEV Toyota lainnya, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota di pameran skala internasional ini mencapai 762 SPK atau sekitar 30% dari total SPK mereka. Hal itu juga berarti meningkat 5 kali lipat dari SPK xEV Toyota di IIMS tahun lalu di angka 150 SPK.
 
Penjualan kendaraan ICE Toyota yang sangat diminati masyarakat juga tampil menjanjikan di pameran ini dilihat dari tingginya SPK Avanza, Veloz, Raize, dan Kijang Innova Zenix Gasoline. Bermodalkan ekosistem mobilitas Toyota dengan fasilitas dan layanan terbaik, berbagai program sales dan after sales di gelaran IIMS kali ini berhasil membuat pelanggan tetap percaya kepada produk Toyota di tengah gempuran banyak pendatang baru. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan