Mencoba New Mitsubishi Xpander di Proving Ground Bridgestone. Medcom.id/Ekawan Raharja
Mencoba New Mitsubishi Xpander di Proving Ground Bridgestone. Medcom.id/Ekawan Raharja

Test Drive

New Mitsubishi Xpander Banyak Improvisasi Performa & Kenyamanan

Ekawan Raharja • 19 November 2021 14:00
 
New Mitsubishi Xpander Banyak Improvisasi Performa & Kenyamanan
 
Para insinyur pabrikan berlogo tiga berlian juga memikirkan bagaimana efek penggunaan CVT terhadap putaran mesin, yang berasa mesin akan bekerja ekstra di putaran bawah. Head of Sales Training Section PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia, Arif Dwianto, menyebutkan adanya tambahan peredam suara di ruang mesin.
 
"Peredam suara itu salah satu untuk menyesuaikan dengan karakter dari CVT yang memberikan putaran mesin lebih tinggi saat melakukan akselerasi. Tapi kalau kalau sudah sampai di kecepatan tertentu dia akan lebih rendah putaran mesinnya jika dibandingkan 4AT sehingga efisiensi bahan bakar bisa didapatkan," ungkap Arif kepada Medcom.id
 

Performa Mesin

New Mitsubishi Xpander Banyak Improvisasi Performa & Kenyamanan
 
Di balik kap mesin, masih menggunakan mesin 1.500 cc MIVEC DOHC yang sudah berstandar Euro4. Tenaga yang ditawarkan berupa 105 PS @ 6.000 rpm dan 141 Nm @ 4.000 rpm. Tenaga ini tidak berubah, baik dari segi tenaga maupun torsi.
 
Meski demikian, mereka pun memiliki siasat agar tenaga dari mesin bisa disalurkan ke roda secara responsif dengan transmisi barunya tersebut. Arif Dwianto kemudian membeberkan rahasia dari racikan CVT yang digunakan agar tetap responsif di putaran mesin bawah.
 
"Ratio percepatan CVT yang disesuaikan, jadi disesuaikan lebih lebar supaya performa dan akselerasinya tetap maksimal dengan efisiensi lebih tinggi. Di percepatan bawah, sebut saja seperti di gigi 1 transmisi otomatis konvensional, lebih besar, salah satu antisipasi dengan tenaga yang ada sekarang tetapi tetap maksimal."





TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan