Tangerang: Mitsubishi Indonesia mengaku optimis dua model andalannya yakni New Xpander dan New Xpander Cross bakal sukses di tengah perang MPV selama pameran GIIAS 2021 yang sedang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang.
Kendaraan MPV merupakan segmen terbesar di Indonesia. Seperti diketahui, di GIIAS 2021 hampir semua brand menghadirkan atau meluncurkan generasi baru hingga beberapa penyegaran dari masing-masing model MPV andalannya baik Toyota dengan New Avanza, Daihatsu dengan New Xenia, serta Suzuki yang memperkenalkan Ertiga Sport FF.
Meski demikian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menganggap persaingan tersebut sebagai salah satu hal yang positif. Karena pada akhirnya konsumen akan mempertimbangkan produk terbaik untuk dibeli.
Lewat Xpander dan Xpander Cross versi facelift yang baru saja diluncurkan memberikan daya tarik tersendiri. Selain itu, kualitas produk Mitsubishi juga akan dibarengi dengan berbagai program penjualan yang telah dipersiapkan.
Seperti diketaui, setiap pembelian New Xpander dan New Xpander Cross akan mendapatkan gratis biaya jasa servis dan suku cadang hingga 50.000 kilometer (km) atau 4 tahun, asuransi kecelakaan diri selama 1 tahun, asuransi kerusakan ban selama 1 tahun, hingga garansi kendaraan selama 3 tahun atau hingga 100.000 km.
Kemudian juga ada loyalty program khusus untuk konsumen yang memiliki model Xpander sebelumnya, berupa shopping voucher senilai Rp 1,5 juta. Sedangkan untuk genuine accessories New Xpander dan Xpander Cross yang juga dipamerkan di GIIAS 2021, MMKSI memberikan promo diskon 10%.
Direktur Sales & Marketing Division MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida mengatakan kalau pihaknya tidak merinci soal target penjualan di GIIAS kali ini. Pasalnya, pameran otomotif di masa pandemi sangat berbeda dengan pameran yang digelar saat masa normal.
"Kami belum ada angka konkret untuk target penjualan. Sebab pengunjung juga masih dibatasi, jadi mungkin belum optimal," kata Tsuchida, Jumat, 12 November 2021.
Selain itu, terlalu awal untuk bicara penjualan karena GIIAS 2021 baru berjalan satu hari. Hanya saja ia tetap merasa optimis dengan kualitas produk yang ditawarkan Mitsubishi.
"Ada banyak produk baru, sehingga konsumen saat ini masih mempertimbangkan mana saja produk terbaik. Tetapi kami percaya diri bisa menyajikan produk terbaik," lanjutnya.
New Xpander dan Xpander Cross banyak dipesan sebelum peluncuran
Sementara itu, fakta menarik diungkapkan oleh Departement Head Sales & Marketing Division Region III PT MMKSI, Ilham Iranda Syahputra.
Menurut Ilham optimisme MMKSI terhadap New Xpander dan New Xpander Cross dikarenakan minat kuat konsumen sebelum kedua produk itu dirilis. Bahkan sebelum pameran GIIAS nyatanya sudah banyak konsumen yang melakukan pemesanan.
Beberapa dari mereka juga rela untuk mengantre (inden). "Jadi sebenarnya sebelum launching pun kita sudah ada SPK, sudah ada yang mau inden," kata Ilham Iranda.
Harga dengan skema insentif PPnBM
Secara keseluruhan, model Xpander ditawarkan dalam 7 varian dan varian Ultimate sebagai tipe tertinggi. Mobil ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp249,9 jutaan hingga Rp299,7 jutaan (on the road DKI Jakarta). Selain itu, model Xpander Rockford Fosgate Black Edition juga masih ditawarkan dengan harga Rp273,9 juta untuk transmisi manual dan Rp283,8 juta untuk transmisi otomatis (on the road DKI Jakarta)
Sedangkan untuk Xpander Cross ditawarkan dalam 3 varian dengan rentang harga mulai Rp294,6 jutaan sampai Rp320,2 jutaan. Begitu juga untuk Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition masih ditawarkan dengan harga Rp308,6 jutaan (on the road DKI Jakarta).
Kedua mobil keluarga ini juga termasuk ke dalam daftar insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Diskon yang diberikan relaksasi pajak ini mencapai Rp27 jutaan.
Direktur Sales & Marketing Division MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida mengatakan kalau pihaknya tidak merinci soal target penjualan di GIIAS kali ini. Pasalnya, pameran otomotif di masa pandemi sangat berbeda dengan pameran yang digelar saat masa normal.
"Kami belum ada angka konkret untuk target penjualan. Sebab pengunjung juga masih dibatasi, jadi mungkin belum optimal," kata Tsuchida, Jumat, 12 November 2021.
Selain itu, terlalu awal untuk bicara penjualan karena GIIAS 2021 baru berjalan satu hari. Hanya saja ia tetap merasa optimis dengan kualitas produk yang ditawarkan Mitsubishi.
"Ada banyak produk baru, sehingga konsumen saat ini masih mempertimbangkan mana saja produk terbaik. Tetapi kami percaya diri bisa menyajikan produk terbaik," lanjutnya.
New Xpander dan Xpander Cross banyak dipesan sebelum peluncuran
Sementara itu, fakta menarik diungkapkan oleh Departement Head Sales & Marketing Division Region III PT MMKSI, Ilham Iranda Syahputra.
Menurut Ilham optimisme MMKSI terhadap New Xpander dan New Xpander Cross dikarenakan minat kuat konsumen sebelum kedua produk itu dirilis. Bahkan sebelum pameran GIIAS nyatanya sudah banyak konsumen yang melakukan pemesanan.
Beberapa dari mereka juga rela untuk mengantre (inden). "Jadi sebenarnya sebelum launching pun kita sudah ada SPK, sudah ada yang mau inden," kata Ilham Iranda.