Jakarta: Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) secara resmi memasukan Toyota GR Yaris Rally2 ke Indonesia, perdana di luar Jepang. Mobil ini sekaligus menjadi Rally2 pertama yang digunakan oleh pereli Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto untuk menghadapi persaingan sengit di Kejurnas Rally dan Sprint Rally 2025.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily menegaskan bahwa mereka sangat bersemangat menerima kehadiran GR Yaris Rally2. Mobil ini akan menjadi andalan TGRI di ajang kejurnas rally dan sprint rally nasional tahun ini.
Dengan spesifikasi Rally2 yang sama dengan mobil peserta senior lainnya, kami berharap TGRI makin kompetitif dengan race car yang lebih powerful supaya dapat berbicara banyak sehingga lebih percaya diri dalam mengejar target menyandingkan gejar juara nasional rally dan sprint rally 2025,” jelas Jap Ernando Demily, melalui keterangan resminya.
Kehadiran GR Yaris Rally2 bukan hanya meningkatkan daya saing, tetapi juga mencerminkan kontribusi Toyota terhadap perkembangan motorsport di Indonesia.
GR Yaris Rally2 dibangun berdasarkan mobil produksi massal, sesuai regulasi Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) untuk kelas Rally2. Berbeda dengan Rally1 yang menggunakan space frame, Rally2 mewajibkan basis sasis dan mesin berasal dari mobil produksi dengan volume minimal 2.500 unit.
Mobil ini memiliki Panjang 3.995 mm, lebar 1.820 mm, sedangkan tingginya disesuaikan oleh masing-masing penggunanya. Dengan bobot 1.230 kg (termasuk ban serep), GR Yaris Rally2 memiliki konstruksi baja dengan roll cage standar FIA.
Performa mobilnya didukung mesin 3-silinder segaris turbocharger berkapasitas 1.618,2 cc dan mendapatkan dukungan ECU dari Bosch Motorsport. Tenaga ini kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi: Sekuensial 5-speed dan diferensial Limited-slip balap.
Area kaki-kaki suspensi di depan-belakang mengandalkan model MacPherson strut dengan dukungan shock Absorber REIGER adjustable.
Sektor remnya menggunakan kombinasi kaliper 4-piston Alcon, cakram berdiamter 300 mm (Gravel) atau 355 mm/300 mm (Aspal) yang didukung kampas Rem ENDLESS racing pads. Terakhir, bannya menggunakan ukuran 205/65 R15 (gravel) atau 235/40 R18 (aspal).
Jakarta: Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) secara resmi memasukan
Toyota GR Yaris Rally2 ke Indonesia, perdana di luar Jepang. Mobil ini sekaligus menjadi Rally2 pertama yang digunakan oleh pereli Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto untuk menghadapi persaingan sengit di
Kejurnas Rally dan
Sprint Rally 2025.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily menegaskan bahwa mereka sangat bersemangat menerima kehadiran GR Yaris Rally2. Mobil ini akan menjadi andalan TGRI di ajang kejurnas rally dan sprint rally nasional tahun ini.
Dengan spesifikasi Rally2 yang sama dengan mobil peserta senior lainnya, kami berharap TGRI makin kompetitif dengan race car yang lebih powerful supaya dapat berbicara banyak sehingga lebih percaya diri dalam mengejar target menyandingkan gejar juara nasional rally dan sprint rally 2025,” jelas Jap Ernando Demily, melalui keterangan resminya.
Kehadiran GR Yaris Rally2 bukan hanya meningkatkan daya saing, tetapi juga mencerminkan kontribusi Toyota terhadap perkembangan motorsport di Indonesia.
GR Yaris Rally2 dibangun berdasarkan mobil produksi massal, sesuai regulasi Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) untuk kelas Rally2. Berbeda dengan Rally1 yang menggunakan space frame, Rally2 mewajibkan basis sasis dan mesin berasal dari mobil produksi dengan volume minimal 2.500 unit.
Mobil ini memiliki Panjang 3.995 mm, lebar 1.820 mm, sedangkan tingginya disesuaikan oleh masing-masing penggunanya. Dengan bobot 1.230 kg (termasuk ban serep), GR Yaris Rally2 memiliki konstruksi baja dengan roll cage standar FIA.
Performa mobilnya didukung mesin 3-silinder segaris turbocharger berkapasitas 1.618,2 cc dan mendapatkan dukungan ECU dari Bosch Motorsport. Tenaga ini kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi: Sekuensial 5-speed dan diferensial Limited-slip balap.
Area kaki-kaki suspensi di depan-belakang mengandalkan model MacPherson strut dengan dukungan shock Absorber REIGER adjustable.
Sektor remnya menggunakan kombinasi kaliper 4-piston Alcon, cakram berdiamter 300 mm (Gravel) atau 355 mm/300 mm (Aspal) yang didukung kampas Rem ENDLESS racing pads. Terakhir, bannya menggunakan ukuran 205/65 R15 (gravel) atau 235/40 R18 (aspal).
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)