AMMdes bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Kemenperin
AMMdes bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Kemenperin

Kendaraan Komersial

AMMDes Berikan Sumbangsih Buat Sektor Kesehatan & Pertanian

Otomotif AMMDes
Ekawan Raharja • 15 Agustus 2020 16:30

“Pada awalnya, AMMDes dirancang untuk membantu masyarakat di sektor pertanian, tetapi seiring hasil proyek percontohan yang kami lakukan di Kabupaten Lebak, maka terlihat bahwa AMMDes bisa juga difungsikan untuk membantu masyarakat di bidang kesehatan,” ujar Putu.

AMMDes Berkontribusi untuk Pertanian

Selain di Kabupaten Lebak, AMMDes juga sukses dimanfaatkan di daerah lain seperti Jawa Barat dan Riau, yang digunakan untuk pengolahan sabut kelapa. Berikutnya, di Kabupaten Tanggamus, Lampung, AMMDes dioptimalkan di kawasan perkebunan pisang yang berorientasi pasar ekspor.
 
“Untuk proyek percontohan di Tanggamus tersebut, telah mampu menurunkan 25 persen kerusakan pisang yang akan diekspor dan ini tentu membantu untuk meningkatkan penghasilan petani setempat,” ungkapnya.
 
Putu menambahkan, ketika terjadi gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu, AMMDes juga diterjunkan untuk dijadikan mesin penjernih air guna memenuhi kebutuhan air bersih. “Melalui fungsinya ini, AMMDes mampu melayani kebutuhan air bersih untuk 9.000 orang dan menjual air minum dalam galon untuk 1.850 kepala keluarga (KK),” imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejalan dengan hal ini, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Yusra, menyampaikan keberadaan AMMDes bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat desa, terutama di bidang pertanian dan kesehatan.
 
“Sembilan desa di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak mengalokasikan dana desa untuk pelayanan publik bidang kesehatan dan pencegahan stunting melalui AMMDES pengumpan ambulans,” ujar Yusra.

 
Halaman Selanjutnya
  Presiden Direktur PT Kreasi…
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif