UD Trucks pamerkan lini truk Quester Euro 5 di GIIAS 2022.
UD Trucks pamerkan lini truk Quester Euro 5 di GIIAS 2022.

GIIAS 2022

Mengenal Teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) Pada Truk Standar Euro 5

Adri Prima • 19 Agustus 2022 07:37

Ia menambahkan dengan berbagai manfaat dan keunggulan yang telah dipertimbangkan, UD Trucks memilihi solusi dengan sistem SCR karena pembakaran mesin tetap sempurna, sehingga mesin tetap bersih dan awet, konsumsi bahan bakar yang efisien, serta tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar solar yang kurang baik atau yang bersulfur tinggi. 

Cara kerja Selective Catalytic Reduction (SCR)


UD Trucks yang dulu dikenal dengan merek Nissan Diesel menjadi produsen truk pertama yang memperkenalkan system SCR dan AdBlue secara komersial pada tahun 2004. Teknologi ini mampu mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utamanya. 
 
SCR adalah sebuah proses pengendalian emisi gas buang yang dilakukan setelah pembakaran dari mesin dan beroperasi pada suhu pembakaran mesin yang optimal. Suhu pembakaran mesin yang optimal menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi atau lebih hemat dan menghasilkan lebih banyak NOx dan sedikit PM (Particulate Matter). Kelebihan NOx akan dikurangi oleh peran cairan AdBlue ke gas buang. 
 
AdBlue merupakan cairan yang digunakan untuk mengurangi NOx yang dihasilkan oleh mesin diesel. Konsumsi AdBlue adalah 3-5% dari pemakaian solar. Dalam sekali pengisian AdBlue setara dengan 4 kali pengisian solar penuh. 

Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Quester adalah 315 liter, sementara tangki AdBlue berisi 50 liter, dan jika asumsi 1 liter solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlue bisa untuk menempuh 75 km. 
 
Halaman Selanjutnya
Selain itu Quester Euro 5…
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan