Motor Baru
SUV Termurah Nissan di Indonesia Meluncur, Harga Rp200 Jutaan
Ekawan Raharja • 21 Desember 2020 17:00
Jakarta: Nissan akhirnya melengkapi lini produk SUV (sport utility vehicle) mereka di Indonesia dengan menghadirkan Magnite. Mobil ini menjadi model SUV termurah mereka yang dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp200 jutaan.
Lebih tepatnya, konsumen di Indonesia sudah bisa membeli Magnite dengan harga mulai dari 208,8 juta (on the road DKI Jakarta). Sebagai perbandingan saja untuk SUV lainnya, Xtrail dibanderol dengan harga mulai dari Rp547,7 juta, kemudian Terra dihargai mulai dari Rp478,9, dan Kicks berbanderol Rp 449 juta (on the the road DKI Jakarta).
Dari segi desain, Magnite mengusung model yang berbeda dengan model-model SUV yang sudah disebutkan di atas. Mobil produksi India ini memiliki ukuran yang lebih compact dan sudah menyematkan logo terbaru perusahaan.
Secara umum, desain yang ditawarkan Magnite menggunakan garis desain yang berani berpadu dengan lampu-lampu LED, daytime running lights (DRL) berbentuk L yang unik di bawah lampu utamanya, grill berbentuk hexagonal dengan logo merek terbaru, sampai pelek berukuran 16 inci dengan desain yang unik.
Jenama asal Jepang ini menawarkan klasik Blade Sliver, Onyx Black dan Storm White. Namun tersedia juga opsi skema warna two-tone Flare Garnet Red & Onyx Black serta Pearl White & Onyx Black bagi yang inginkan tampilan lebih sporty dan dinamis.
Masuk ke kabin, penumpang akan disuguhkan dengan desain dashboard yang cukup dinamis, khususnya desain hexagonal untuk kisi-kisi AC. Sisi modern dan kecanggihan tampak di head unit 8 inci untuk mengakomodir sisi hiburan mobil dan cluster instrumen TFT full digital berdimensi 7 inci di depan pengemudi.
Di balik kap mesin, tersedia mesin HRAO 1.000 cc turbo yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 100 PS dan torsi maksimum hingga 160 Nm. Tenaga ini disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5-speed dan X-TRONIC CVT.
Uniknya, mesin ini sudah menggunakan teknologi mirror bore cylinder coating yang juga digunakan GT-R untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran. Sayangnya dalam keterangan resminya ini tidak disertakan data uji konsumsi bahan bakar dan akselerasi dari pabrikan.
Urusan fitur keselamatan yang disematkan juga cukup lengkap dengan mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), airbag ganda SRS, dan sabuk pengaman pretensioner dan load limiter untuk pengemudi dan penumpangnya.
Khusus untuk pengemudi, akan mendapatkan sejumlah fitur bantuan untuk menjaga kondisi mobil dan sekelilingnya. Pengemudi bisa memanfaatkan Tire Pressure Monitoring System yang memudahkan pengguna dalam memantau kondisi keempat bannya, serta Around View Monitor (AVM) untuk memudahkan melihat kondisi sekitar mobil.
“All New Magnite merupakan paket lengkap compact SUV ideal yang menawarkan berbagai keunggulan di kelasnya. Disandingkan dengan harga yang menarik, memberikan keleluasaan bagi pelanggan yang ingin memiliki compact SUV pertama yang ditawarkan,” ungkap Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go, melalui keterangan resminya.
Kehadiran Magnite cukup menarik untuk membuat segmen compact SUV bermesin turbo di Indonesia, yang sebetulnya di pasar global mulai ramai. Kalau berbicara beberapa pemainnya di kelas yang sama, ada Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Renault Kiger yang semuanya berpotensi untuk masuk di Tanah Air.
Selain sejumlah kompetitor yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya Kia Sonet juga bisa menjadi lawan yang sepadan untuk Ignite. Namun model yang masuk di Indonesia menggunakan mesin 1.500 cc naturally aspirated. Kia Indonesia sendiri membanderol Sonet dengan harga mulai dari Rp193 juta sampai Rp289 juta (on the road DKI Jakarta).
Harga Nissan Magnite (on the road DKI Jakarta)
1. Magnite Upper MT Rp 208.800.000,-
2. Magnite Premium MT Rp 226.300.000,-
3. Magnite Premium CVT Rp 238.800.000,-
Masuk ke kabin, penumpang akan disuguhkan dengan desain dashboard yang cukup dinamis, khususnya desain hexagonal untuk kisi-kisi AC. Sisi modern dan kecanggihan tampak di head unit 8 inci untuk mengakomodir sisi hiburan mobil dan cluster instrumen TFT full digital berdimensi 7 inci di depan pengemudi.
.jpg)
Di balik kap mesin, tersedia mesin HRAO 1.000 cc turbo yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 100 PS dan torsi maksimum hingga 160 Nm. Tenaga ini disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5-speed dan X-TRONIC CVT.
Uniknya, mesin ini sudah menggunakan teknologi mirror bore cylinder coating yang juga digunakan GT-R untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran. Sayangnya dalam keterangan resminya ini tidak disertakan data uji konsumsi bahan bakar dan akselerasi dari pabrikan.
Urusan fitur keselamatan yang disematkan juga cukup lengkap dengan mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), airbag ganda SRS, dan sabuk pengaman pretensioner dan load limiter untuk pengemudi dan penumpangnya.
.jpg)
Khusus untuk pengemudi, akan mendapatkan sejumlah fitur bantuan untuk menjaga kondisi mobil dan sekelilingnya. Pengemudi bisa memanfaatkan Tire Pressure Monitoring System yang memudahkan pengguna dalam memantau kondisi keempat bannya, serta Around View Monitor (AVM) untuk memudahkan melihat kondisi sekitar mobil.