Proses produksi di pabrik Mitsubishi Indonesia. Mitsubishi
Proses produksi di pabrik Mitsubishi Indonesia. Mitsubishi

Industri Otomotif

Ini Hambatan Komponen Otomotif Lokal Belum Diterima 100% Pabrikan Jepang

Ekawan Raharja • 30 Juni 2022 11:00

Kedua, masalah kualitas dan skalabilitas produk. Permasalahan tersebut juga dihadapi oleh hampir semua IKM. Hal ini perlu dijawab oleh pelaku IKM sendiri yang mengetahui secara persis kekuatannya. Untuk meningkatkan kualitas IKM, Kemenperin memiliki banyak program pendampingan, seperti pendampingan pengembangan dan sertifikasi produk, implementasi teknologi 4.0, restrukturisasi mesin, layanan desain produk, pembangunan material center, serta dukungan promosi atau pameran.
 
“Selain itu, kami juga memiliki program-program pelatihan dan vokasi yang dapat membantu para pelaku IKM dalam hal penyediaan sumber daya manusia dan manajemen yang baik, termasuk balai-balai yang menyediakan layanan dan bantuan terkait permesinan,” jelas Menperin.
 
Ketiga, permasalahan minimnya mentorship yang membimbing IKM dalam produksi, manajemen, quality control, dan proses manufaktur lainnya. Menperin berharap, para pelaku IKM dapat memanfaatkan kegiatan forum bisnis dan business matching untuk melakukan pendalaman, menjelajahi peluang, dan membangun kerja sama dengan perusahaan-perusahaan otomotif asal Jepang.

Terakhir, masalah keterhubungan IKM dengan sektor otomotif di negara lain. Agus menambahkan, bisnis otomotif Jepang di negara-negara lain, khususnya di ASEAN, juga memberikan peluang bisnis yang lebih besar untuk komponen kendaraan yang murah namun berkualitas tinggi.
 
“Saya berharap para pelaku IKM komponen otomotif dapat menjajaki peluang untuk menjadi bagian dari rantai pasokan komponen otomotif mobil Jepang untuk negara-negara tersebut,” pesan Agus.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan