Proses produksi di pabrik Mitsubishi Indonesia. Mitsubishi
Proses produksi di pabrik Mitsubishi Indonesia. Mitsubishi

Industri Otomotif

Ini Hambatan Komponen Otomotif Lokal Belum Diterima 100% Pabrikan Jepang

Ekawan Raharja • 30 Juni 2022 11:00
Nagoya: Indonesia berusaha untuk meningkatkan penggunaan komponen lokal agar bisa lebih banyak digunakan oleh pabrikan otomotif Jepang. Kementerian Perindustrian berusaha memetakan sejumlah hambatan yang dialami oleh industri kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif lokal.
 
“Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendukung IKM komponen otomotif agar berdaya saing dan mampu menjadi bagian dari supply chain industri otomotif, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, seperti Jepang,” ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, disitat dari situs resmi Kementerian Perindustrian.
 
Ia meyakini para pelaku IKM komponen otomotif mampu menjadi bagian dari supply chain (rantai pasokan) industri otomotif. Peluang bagi produk komponen otomotif yang dibuat oleh IKM sangat besar dan terbuka lebar. Sehingga diharapkan, IKM di sektor ini dapat menunjukkan kapasitas dan kemampuan produksi sesuai kebutuhan industri otomotif Jepang,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Agus, IKM komponen otomotif harus proaktif menjalin hubungan yang baik dengan para pengusaha Jepang sekaligus membuktikan diri sebagai supplier suku cadang otomotif yang paling kapabel dan andal di Asia. Untuk dapat meningkatkan daya saingnya, Pemerintah dan para pelaku IKM harus dapat menyelesaikan tantangan dan hambatan yang masih dihadapi. Setidaknya terdapat empat masalah utama yang menghambat perkembangan IKM otomotif Indonesia, terutama dalam upaya menjadi bagian dari rantai pasokan yang lebih luas.
 
Pertama, terkait pendanaan yang belum mendapat dukungan sepenuhnya dari lembaga keuangan, berdasarkan pertimbangan bankability, skala atau ukuran perusahaan, dan faktor belum tersedianya produk perbankan yang tepat. Kemenperin akan berdiskusi dengan MUFG untuk menjajaki kemungkinan adanya skema pembiayaan khususnya bagi IKM komponen otomotif.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif