Mitsubishi Triton Ralliart menunjukkan performanya di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21 - 26 November 2022. Tim Mitsubishi Ralliart mendapat dukungan penuh dari Mitsubishi Motors Corporation, pereli yang diandalkan berhasil tampil membanggakan dengan meraih kemenangan oleh Chayapon Yotha dari Thailand dan posisi lima diraih Rifat Sungkar yang merupakan pereli nasional.
AXCR 2022 sajikan 6 Special Stage yang melintasi jalur negara Thailand dan Kamboja sepanjang 1.700 km dengan tantangan 6 Special Stage (SS). Ketangguhan Mitsubishi Triton yang terbukti finis terdepan dikendarai Chayapon mampu menyelesaikan total waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat terpaut 17:14 detik di garis finis posisi lima, padahal Mitsubishi Triton Ralliart masih banyak membawa spesifikasi standar.
Pembuktian Mitsubishi Triton di ajang balap rally paling ganas di Asia ini, menjadi pembuktian terhadap kualitas dan durability mobil yang memang dikembangkan tangguh di berbagai medan jalan. Termasuk keikutsertaannya di ajang rally AXCR 2022 yang diselenggarakan di Thailand dan Kamboja.
Di atas kertas Mitsubishi Triton dikembangkan menggunakan mesin yang sama yaitu 4N15 DI C/R I/C T/C,DOHC 16 valve, in-line 4-Cylinder. Uniknya Rifat Sungkar tidak melakukan ubahan apapun pada sektor mesin, hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya. Selain sebagai regulasi, sekaligus pembuktian terhadap tenaga mesin Mitsubishi Triton yang mumpuni tampil di ajang rally kelas international.
Baca Juga:
Siapkan Mobil, IMX Kembali pada September 2023
Secara keseluruhan, mobil yang digunakan dua pembalap andalan Mitsubishi khususnya Rifat Sungkar tampil sebagai mobil standar pabrikan yang tidak banyak dilakukan ubahan pada bagian paling penting di Mitsubishi Triton mulai dari sasis, hingga mesin.
President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Nakamura, mengucapkan terima kasih kepada Mitsubishi Motors dan Team Mitsubishi Ralliart, yang telah memberikan kesempatan baik ini kepada Brand Ambassador dan Rally Driver, Rifat Sungkar, untuk berpartisipasi dalam reli internasional ini sebagai bagian dari tim untuk menunjukkan bakat dan keterampilannya yang baik mewakili Indonesia.
“Kami mengakui bahwa AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan kami sangat bangga dengan hasilnya, sedangkan dalam pengalaman pertama Rifat mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart," papar ujar Naoya Namamura.
Ia melanjutkan bahwa fakta pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton. Di Indonesia, Triton mendominasi segmen kabin ganda khususnya di pasar armada sebagai pekerja keras yang andal, dan saya yakin peningkatan yang akan segera dilakukan berdasarkan pengalaman dari reli ini, bahkan akan memperkuat posisinya di pasar ke depannya.
Baca Juga:
Mobil Nasional Vietnam Tembus Pasar Amerika Serikat
“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh. Namun di hari kedua, ketiga, keempat dan kelima, Ia mempelajari jalan di Thailand seperti apa, dan saya akhirnya mulai terbiasa. Kuncinya adalah saya percaya dengan co-driver, dengan medan yang saya tidak tahu seperti apa, maka rasa percaya saya ke dia tinggi banget,” tutur Rifat Sungkar
Menggunakan kondisi mobil yang standar, Rifat mengakui bisa mengimbangi pereli terdepan. Bahkan dirinya bisa dua kali mengejarnya di kilometer 12 dan 25. “Pada hari pertama, pereli yang leading berhasil saya ‘tangkap’ di kilometer 12, juga di kilometer 25. Tapi sayang, ada insiden ban pecah, membuat catatan waktu saya rugi waktu enam menit dari dia,” bebernya.
Ajaibnya, dengan kondisi mobil yang rusak parah di bagian ban serta shockbreaker, Mitsubishi Triton Ralliart ini masih terbilang andal lantaran kerusakan tidak merembet ke sektor lain seperti gardan tetap dalam kondisi yang mumpuni untuk melanjutkan pertarungan.
“Hebatnya apa coba? Itu gardan enggak lepas, padahal spesifikasi mobil standar dan shockbreaker sudah mulai ancur. Nah ini yang saya takjub dengan Mitsubishi Triton Ralliart. Mobil ini sensasional!” bangga Rifat.
Mitsubishi Triton Ralliart yang bertarung di AXCR ini ternyata dibuat replikanya dan dipajang di kantor pusat Mitsubishi Motors di Tamachi, Tokyo sejak 21 November lalu.
Mitsubishi Triton Ralliart menunjukkan performanya di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21 - 26 November 2022. Tim Mitsubishi Ralliart mendapat dukungan penuh dari Mitsubishi Motors Corporation, pereli yang diandalkan berhasil tampil membanggakan dengan meraih kemenangan oleh Chayapon Yotha dari Thailand dan posisi lima diraih Rifat Sungkar yang merupakan pereli nasional.
AXCR 2022 sajikan 6 Special Stage yang melintasi jalur negara Thailand dan Kamboja sepanjang 1.700 km dengan tantangan 6 Special Stage (SS). Ketangguhan Mitsubishi Triton yang terbukti finis terdepan dikendarai Chayapon mampu menyelesaikan total waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat terpaut 17:14 detik di garis finis posisi lima, padahal Mitsubishi Triton Ralliart masih banyak membawa spesifikasi standar.
Pembuktian Mitsubishi Triton di ajang balap rally paling ganas di Asia ini, menjadi pembuktian terhadap kualitas dan durability mobil yang memang dikembangkan tangguh di berbagai medan jalan. Termasuk keikutsertaannya di ajang rally AXCR 2022 yang diselenggarakan di Thailand dan Kamboja.
Di atas kertas Mitsubishi Triton dikembangkan menggunakan mesin yang sama yaitu 4N15 DI C/R I/C T/C,DOHC 16 valve, in-line 4-Cylinder. Uniknya Rifat Sungkar tidak melakukan ubahan apapun pada sektor mesin, hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya. Selain sebagai regulasi, sekaligus pembuktian terhadap tenaga mesin Mitsubishi Triton yang mumpuni tampil di ajang rally kelas international.
Baca Juga:
Siapkan Mobil, IMX Kembali pada September 2023
Secara keseluruhan, mobil yang digunakan dua pembalap andalan Mitsubishi khususnya Rifat Sungkar tampil sebagai mobil standar pabrikan yang tidak banyak dilakukan ubahan pada bagian paling penting di Mitsubishi Triton mulai dari sasis, hingga mesin.
President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Nakamura, mengucapkan terima kasih kepada Mitsubishi Motors dan Team Mitsubishi Ralliart, yang telah memberikan kesempatan baik ini kepada Brand Ambassador dan Rally Driver, Rifat Sungkar, untuk berpartisipasi dalam reli internasional ini sebagai bagian dari tim untuk menunjukkan bakat dan keterampilannya yang baik mewakili Indonesia.
“Kami mengakui bahwa AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan kami sangat bangga dengan hasilnya, sedangkan dalam pengalaman pertama Rifat mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart," papar ujar Naoya Namamura.
Ia melanjutkan bahwa fakta pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton. Di Indonesia, Triton mendominasi segmen kabin ganda khususnya di pasar armada sebagai pekerja keras yang andal, dan saya yakin peningkatan yang akan segera dilakukan berdasarkan pengalaman dari reli ini, bahkan akan memperkuat posisinya di pasar ke depannya.
Baca Juga:
Mobil Nasional Vietnam Tembus Pasar Amerika Serikat
“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh. Namun di hari kedua, ketiga, keempat dan kelima, Ia mempelajari jalan di Thailand seperti apa, dan saya akhirnya mulai terbiasa. Kuncinya adalah saya percaya dengan co-driver, dengan medan yang saya tidak tahu seperti apa, maka rasa percaya saya ke dia tinggi banget,” tutur Rifat Sungkar
Menggunakan kondisi mobil yang standar, Rifat mengakui bisa mengimbangi pereli terdepan. Bahkan dirinya bisa dua kali mengejarnya di kilometer 12 dan 25. “Pada hari pertama, pereli yang leading berhasil saya ‘tangkap’ di kilometer 12, juga di kilometer 25. Tapi sayang, ada insiden ban pecah, membuat catatan waktu saya rugi waktu enam menit dari dia,” bebernya.
Ajaibnya, dengan kondisi mobil yang rusak parah di bagian ban serta shockbreaker, Mitsubishi Triton Ralliart ini masih terbilang andal lantaran kerusakan tidak merembet ke sektor lain seperti gardan tetap dalam kondisi yang mumpuni untuk melanjutkan pertarungan.
“Hebatnya apa coba? Itu gardan enggak lepas, padahal spesifikasi mobil standar dan shockbreaker sudah mulai ancur. Nah ini yang saya takjub dengan Mitsubishi Triton Ralliart. Mobil ini sensasional!” bangga Rifat.
Mitsubishi Triton Ralliart yang bertarung di AXCR ini ternyata dibuat replikanya dan dipajang di kantor pusat Mitsubishi Motors di Tamachi, Tokyo sejak 21 November lalu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)