Vinfast VF 8 mulai diekspor ke Amerika Serikat. Vinfast
Vinfast VF 8 mulai diekspor ke Amerika Serikat. Vinfast

Mobil Nasional Vietnam Tembus Pasar Amerika Serikat

Ekawan Raharja • 28 November 2022 15:00
Jakarta: Mobil nasional (Mobnas) milik Vietnam, VinFast, melakukan ekspansi pasar ke berbagai negara. Mobil-mobil buatan lokal mereka bahkan sudah berhasil menembus pasar Amerika Serikat.
 
Perusahaan diketahui sudah mulai mengirimkan 999 unit mobil ke Negeri Paman Sam. Chief Executive Vinfast, Le Thi Thu Thuy, menyebut model VF 8 akan dikirimkan ke perusahaan penyedia mobil berlangganan AS Autonomy. Kemudian ada beberapa unit juga yang dikirim ke garasi konsumen.
 
Setelahnya, pengiriman gelombang kedua akan dilakukan pada Januari 2023. Ini menunjukan komitmen perusahaan bahwa mereka ingin menjadi Amerika Serikat sebagai tujuan ekspor mobil listriknya.
 
Selain itu, VinFast juga berusaha membangun pabrik mobil listrik di kawasan Carolina Utara. Saat ini, merek asli Vietnam tersebut masih menunggu keputusan final dari regulator Amerika Serikat, sekaligus mendapatkan restu untuk membangun pabrik tersebut.
 
Thuy dalam pernyataannya juga mengatakan akan memulai kegiatan produksi di pabrik Carolina Utara pada Juli 2024. Adapun mobil listriknya dibangun supaya bisa mendapat insentif di bawah aturan pengurangan inflasi yang ditandatangani oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.
 
VinFast sangat serius menggarap pasar otomotif di sana. Pabrik di Carolina Utara ditargetkan bisa membangun 150 ribu unit mobil listrik pada tahun 2026. Bila ditotal dengan target produksi di Vietnam jumlahnya mencapai 750 ribu unit kendaraan per tahun.
 
Demi mencapai target, perusahaan merekrut 8 ribu karyawan baru di Vietnam untuk ditugaskan mulai Agustus dan September nanti. Saat ini, total jumlah pekerja mereka baru sekira 6 ribu pegawai. VinFast juga memastikan, pihaknya bakal merekrut 7.500 karyawan tambahan untuk nantinya ditugaskan di pabrik baru mereka di Carolina Utara.

 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif