Jakarta: Penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia sudah diterapkan sejak 12 April 2022. Namun, salah satu kekhawatiran konsumen yaitu mengenai bahan bakar, perawatan berkala, hingga ketersediaan spare part.
Untuk menjawab kekhawatiran konsumen, Isuzu Indonesia menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan purna jual kepada konsumennya.
Bengkel di daerah pelosok
Technical Product Support General Manager PT Isuzu Astra Indonesia (IAMI), Beny Dwyanto mengatakan, sejauh ini Isuzu sudah memberikan solusi layanan purna jual kepada konsumen dengan menghadirkan sejumlah program. Program tersebut bahkan sudah menjangkau ke daerah pelosok-pelosok di Indonesia.
Untuk melayani konsumen Isuzu yang berada di remote area, yang lokasi operasionalnya jauh dari outlet atau dealer resmi, Isuzu mengembangkan channel after sales-nya melalui kerjasama dengan partshop dan bengkel umum yang ada di daerah teresbut.
“Bengkel umum yang dilibatkan sebagai mitra juga sudah diberikan pelatihan serta beberapa tools basic untuk perawatan kendaraan Isuzu sehingga bisa melayani customer lebih baik, kerja sama dengan channel after sales ini dilakukan baik di pulau jawa maupun luar jawa,” ujar Beny di booth Isuzu GIIAS 2022, ICE, BSD, Tangerang.
Bengkel berjalan
Sementara itu, Customer & Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa mengatakan, untuk konsumen B2B yang beroperasi 24 jam non-stop dan butuh pelayanan perbaikan diluar jam kerja atau di hari libur, Isuzu menyediakan layanan Astra Isuzu Mobile Command Center Whatsapp.
Konsumen bisa mengontak langsung nomor WhatsApp 081297371035 untuk memesan layanan Bengkel Isuzu Berjalan yang dapat melayani perbaikan darurat di jalan kapanpun dibutuhkan.
“Kami juga memiliki Field Advisor Isuzu standbyReady on call 24/7 yang siap untuk membantu menyelesaikan perbaikan kendaraan dalam kondisi apapun dan kapanpun,” tutur Heri Wasesa.
Progam mechanic on site
Selanjutnya, untuk kebutuhan pasar di segmen mining, plantation serta oil & gas, Isuzu juga menjamin ketersediaan mekanik melalui program mechanic on site yang juga dibekali special tools, Diagnostic Service System (GIDSS), yang dapat membantu menganalisa kondisi kendaraan secara cepat dan akurat.
“Termasuk didukung dengan mekanik tersertifikasi, khususnya mekanik-mekanik ini bekerja secara efektif, menemukan dan menganalisa problem breakdown yang dihadapi, sehingga penanganan/perbaikan kendaraan bisa dilakukan secara efektif dan efisien, langsung pada root couse yangditemukan oleh hasil output GIDSS analytics,” tutur Heri Wasesa.
Program santunan sopir dan pelatihan mekanik
Isuzu juga memiliki program tambahan yang dapat meningkatkan nilai terhadap bisnis customer. Pertama program santunan supir di mana dapat membantu memberikan santunan hingga 20 juta kepada sopir yang mengalami kecelakaan bahkan jika sedang tidak menggunakan kendaraan isuzu.
Selain itu, juga ada layanan pelatihan untuk mekanik. “Untuk membantu customer dalam merawat dan mencegah kerusakan pada unit customer, kami juga memberikan layanan training mekanik dan safety driving untuk supir),” ungkap Heri.
Konsumen bisa mengontak langsung nomor WhatsApp 081297371035 untuk memesan layanan Bengkel Isuzu Berjalan yang dapat melayani perbaikan darurat di jalan kapanpun dibutuhkan.
“Kami juga memiliki Field Advisor Isuzu standbyReady on call 24/7 yang siap untuk membantu menyelesaikan perbaikan kendaraan dalam kondisi apapun dan kapanpun,” tutur Heri Wasesa.
Progam mechanic on site
Selanjutnya, untuk kebutuhan pasar di segmen mining, plantation serta oil & gas, Isuzu juga menjamin ketersediaan mekanik melalui program mechanic on site yang juga dibekali special tools, Diagnostic Service System (GIDSS), yang dapat membantu menganalisa kondisi kendaraan secara cepat dan akurat.
“Termasuk didukung dengan mekanik tersertifikasi, khususnya mekanik-mekanik ini bekerja secara efektif, menemukan dan menganalisa problem breakdown yang dihadapi, sehingga penanganan/perbaikan kendaraan bisa dilakukan secara efektif dan efisien, langsung pada root couse yangditemukan oleh hasil output GIDSS analytics,” tutur Heri Wasesa.
Program santunan sopir dan pelatihan mekanik
Isuzu juga memiliki program tambahan yang dapat meningkatkan nilai terhadap bisnis customer. Pertama program santunan supir di mana dapat membantu memberikan santunan hingga 20 juta kepada sopir yang mengalami kecelakaan bahkan jika sedang tidak menggunakan kendaraan isuzu.
Selain itu, juga ada layanan pelatihan untuk mekanik. “Untuk membantu customer dalam merawat dan mencegah kerusakan pada unit customer, kami juga memberikan layanan training mekanik dan safety driving untuk supir),” ungkap Heri.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(PRI)