Intip proses produksi aki di pabrik Massiv, meski komponen ini tak menagalami peningkatan yang signifikan dalam hal teknologi, namun proses produksinya juga cukup njelimet. medcom.id / Ahmad Garuda
Intip proses produksi aki di pabrik Massiv, meski komponen ini tak menagalami peningkatan yang signifikan dalam hal teknologi, namun proses produksinya juga cukup njelimet. medcom.id / Ahmad Garuda

Terlihat Sederhana, Proses Pembuatan Aki Mobil Ternyata 'Njelimet'

Ahmad Garuda • 19 Mei 2022 19:39
Banyak orang yang menganggap posisi aki atau baterai pada kendaraan, itu bukan sebuah komponen yang punya kecanggihan luar biasa. Faktanya memang seperti itu, lantaran dari awal terciptanya komponen yang menciptakan tenaga listrik di kendaraan itu, tak memiliki perubahan yang besar. Sistem kerjanya masih sama, menciptakan energi listrik yang dialirkan ke pemantik api di ruang bakar.
 
Namun saat berkunjung ke produsen baterai dan aki nasional yaitu Massiv bernama PT Trimitra Baterai Prakasa di bilangan Cilincing, Jakarta Utara, proses pembuatannya ternyata cukup rumit atau biasa dibilang 'Njelimet'. Sebagian besar menggunakan sistem robotik namun ada juga bagian dibuat manual menggunakan tenaga manusia. 
 
“Kami melakukan proses produksi aki mengadopsi standar internasional, Proses fully automatic (robotic) kami lakukan dalam memproduksi Massiv Thunder dalam proses pembuatan plat di production line, sementara untuk Massiv Amal dan XP dalam proses pembuatan plat menggunakan proses semi automatic, papar,” papar Quality Assurance Department Head PT Trimitra Baterai Prakarsa, Heru Darmawan dalam keterangan resminya pada Kamis (19/5/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:
BMW Astra Ajak Konsumen Jajal Performa Mobil BMW di Lintasan Sirkuit

 
Misalnya untuk menyatukan kutub positif dan negatif dari tiap elemen di dalam aki dan juga final inspection masih dilakukan secara manual oleh karyawan pabrik. Selebihnya menyajikan proses pembuatan secara robotik termasuk pembuatan adonan timah yang telah melalui proses oksidasi untuk dicetak ke rangka yang telah dicetak terlebih dahulu.
 
"Selain Halal Bi Halal & Factory Trip Massiv 2022, kami juga sekaligus memberikan kesempatan terhadap rekan jurnalis untuk melihat proses pembuatan aki berteknologi tinggi seperti aki Massiv yang merupakan produksi Indonesia. Mulai dari pemilihan raw material, processing hingga packing,” tukas Pilot Project Massiv di Jakarta, Satriawan Agung Prabowo.
 
Massiv menjadi salah satu produk kebanggaan bangsa. Sebagian besar kandungan lokal banyak digunakan dalam proses produksi aki ini. Adapun produk turunannya yakni Massiv Amal, XP dan Thunder (Maintenance Free) di pasar Indonesia. Kebetulan pabrik produksi aki yang kami datangi ini, khusus memproduksi aki untuk kendaraan jenis mobil dan marine. Sehingga mayoritas yang diproduksi adalah aki mobil.
 
 
Halaman Selanjutnya
Mulai dari Riset & Development…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif