Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Medcom.id
Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Medcom.id

Industri Otomotif

Raize-Rocky Diperkenalkan, Menperin Tagih TKDN Lebih Tinggi

Ekawan Raharja • 29 April 2021 17:04
 Jakarta: Astra baru saja memperkenalkan proyek kolaborasi terbarunya yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Melihat adanya dua mobil baru yang diproduksi di Indonesia, Kementerian Perindustrian pun langsung menagih penggunaan komponen lokal di kedua mobil tersebut.
 
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, meminta kepada Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk terus meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) kedua mobil ini. Sehingga diharapkan kedepannya penggunaan komponen kedua mobil kembar ini bisa lebih dari 70 persen.
 
"Sebagai peserta relaksasi PPnBM, saya harap ADM berkomitmen meningkatkan komponen lokal lebih dari 70 persen, termasuk mesin, body, sasis, dan transmisi," ungkap Agus melalui Youtube.
 
Kedua mobil ini diketahui sudah memiliki TKDN mencapai 70 persen. Tak pelak sebelum diluncurkan, kedua mobil ini sudah mendapatkan insentif PPnBM sampai 100 persen dari pemerintah.
 
Agus jug menerangkan bahwasanya si kembar berada di segmen yang seksi di pasar otomotif nasional. Raize dan Rocky berada di segmen kendaraan bermesin 1.500 cc ke bawah dengan pangsa pasar mencapai 34,1 persen untuk periode Januari-Februari 2021. Setelah itu, pemerintah ingin meningkatkan pasar di segmen ini dengan memberikan insentif PPnBM untuk mobil-mobil dengan TKDN sampai 70 persen.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif