Pengembangan mesin Hino berstandar Euro 4. Hino
Pengembangan mesin Hino berstandar Euro 4. Hino

Teknologi Otomotif

Bedah Teknologi Mesin Baru Hino Berstandar Euro 4

Ekawan Raharja • 29 Desember 2021 09:00
 
“Tekanan tinggi bahan bakar dari injektor ini, akan memaksimalkan proses penyalaan bahan bakar. Hino juga telah menyiapkan injector yang telah di-design untuk memiliki ketahanan aus karena tingginya tekanan bahan bakar” jelas Head of Product Planning PT Hino Motors Sales Indonesia, Seno Wirdiyawantoro.
 
“Penerapan full Diamond Like Coating (DLC) sejak Euro2 common rail mesin yang lalu akan tetap diterapkan pada G4S series injector di mesin Euro 4. Dimana pada G4S series injector Euro 4 ini memiliki sistem valve baru yang mampu menghilangkan static dan dynamic leak sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih baik,” tambah Seno.
 
Pada intake system, disematkan Variable Nozzle Turbocharger (VNT) yang mampu melakukan pengaturan sudut bilah turbin secara otomatis, sehingga mampu menghasilkan kompresi udara lebih banyak ke intake manifold tanpa harus menaikkan putaran mesin.
 
”VNT ini akan dipadukan dengan kinerja intercooler yang berfungsi menjaga kepadatan molekul udara yang masuk ke intake manifold, sehingga energi yang dihasilkan dari mekanisme pembakaran akan tetap maksimal. Kerja VNT ini didukung oleh perubahan bentuk pada pre-cleaner untuk dapat menyaring dan memasok udara lebih banyak ke mesin.
 
Hino juga telah menyiapkan sistem kendali emisi di produk Euro 4 diantaranya, Exhaust Gas Recirculation (EGR) system untuk menurunkan kadar Nox pada gas buang yang dikenal sangat berbahaya dan dapat mengganggu sistem pernapasan manusia. Emisi gas buang berbahaya lainnya akan dikendalikan oleh Diesel Oxidation Catalyst (DOC).
 
Halaman Selanjutnya
  DOC ini berfungsi mengurai…
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan