All new Honda City menjadi salah satu sedan yang baru saja masuk ke pasar otomotif nasional. Honda
All new Honda City menjadi salah satu sedan yang baru saja masuk ke pasar otomotif nasional. Honda

Industri Otomotif

PPnBM Berdasarkan Emisi Gas Buang, Jadi Angin Segar Sedan

Ekawan Raharja • 03 November 2021 16:00
Jakarta: Pemerintah sudah mengatur ulang skema Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil yang dipasarkan per 16 Oktober 2021. Kondisi ini nyatanya menjadi angin segar bagi sejumlah model kendaraan, termasuk mobil sedan, karena pajak yang ditanggungnya mengalami penurunan yang cukup signifikan.
 
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas PP Nomor 73 Tahun 2019, pajak PPnBM yang ditanggung oleh model sedan kini setara dengan model MPV, city car, hatchback, dan sejumlah model lainnya mulai dari 10 persen. Padahal sebelum berlakunya peraturan ini, PPnBM yang ditanggung sedan sebesar 30-125 persen (tergantung kapasitas mesin)
 
Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan penerapan peraturan baru ini sudah memperhitungkan berbagai aspek yang akan didapatkan. Termasuk penurunan harga sedan yang bisa berpotensi meningkatkan segmennya di pasar otomotif nasional.
 
"Karena (penjualannya) terbatas, saat ini seluruh sedan kami masih diimpor, sehingga belum bisa mengikuti program PPnBM Ditanggung Pemerintah. Namun PPnBM yang lebih rendah dari sebelumnya tentu berpotensi meningkatkan pasar sedan," sebut Yusak Billy melalui jumpa pers virtual.
 
Dia juga menyebutkan bahwa segmen mobil sedan sekarang ini hanya sekitar 1 persen saja. Pria yang sudah tahunan bekerja di pabrikan asal Jepang tersebut menyebutkan peningkatan volume penjualan sedan bukan hanya sekadar penurunan harga saja.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif