Biaya pembuatan SIM di Indonesia terbilang cukup murah dan mudah. MI/Fransisco Carolio
Biaya pembuatan SIM di Indonesia terbilang cukup murah dan mudah. MI/Fransisco Carolio

SIM

Lebih Murah Beli Nmax Dibandingkan Bikin SIM di Norwegia

Otomotif sim
Ekawan Raharja • 12 September 2020 11:00
Oslo: Bagi masyarakat yang ingin membuat surat izin mengemudi (SIM) dan menilai biayanya mahal, mungkin harus berkaca kepada Norwegia. Negara di semenajung Skandinavia ini menerapkan biaya pembuatan SIM sangat mahal, dan statusnya sebagai SIM termahal di dunia.
 
Di Norwegia, masyarakat di sana harus merogoh kocek senilai Norwegian Krone (NOK) 30 ribu atau dikonversi di rupiah menjadi Rp 49,8 juta. Kalau dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan, biaya ini lebih mahal dibandingkan membeli sebuah All New Yamaha Nmax seharga Rp 33,7 jutaan (on the road DKI Jakarta).
 
Jika dibandingkan biaya pembuatan SIM di Indonesia, tentu sangat jauh sekali karena berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 120 ribu. Bila dirinci pembuatan SIM A Rp 120 ribu, SIM B1 Rp 120 ribu, SIM B2 Rp 120 ribu, SIM C Rp 100 ribu, dan SIM D Rp 50 ribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun biaya tambahannya, ialah asuransi Rp 30.000, pemeriksaan kesehatan Rp 25.000, dan biaya surat keterangan uji klinik pengemudi (SKUKP) untuk SIM B1, B2, dan SIM umum sebesar Rp 50.000.
 
Ada pun biaya tambahan hanay asuransi senilai Rp 30 ribu, pemeriksaan kesehatan Rp 25 ribu, dan biaya surat keterangan uji klinik pengemudi (SKUKP) untuk SIM B1, B2, dan SIM umum senilai Rp 50 ribu.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif