Momentum ini digelar di booth Honda dalam rangkaian GIIAS 2025. Acara ini menjadi momen kilas balik atas evolusi salah satu SUV legendaris, yang telah menemani perjalanan konsumen Indonesia sejak tahun 2000 dan pertama kali hadir secara global pada 1995.
Talkshow ini menghadirkan empat pembicara dari latar belakang berbeda yang mewakili berbagai sisi dalam perjalanan CR-V: dari sisi brand, public figure, hingga komunitas loyal yang tumbuh bersama CR-V dari generasi pertama hingga era elektrifikasi.
"Komunitas adalah pencapaian tertinggi dari sebuah brand, karena mereka bukan hanya konsumen setia, tetapi menjadikannya bagian dari perjalanan hidup mereka. Hingga saat ini, Honda didukung oleh lebih dari 20 komunitas yang terbentuk secara organik, menjadi bukti dari kepercayaan konsumen terhadap produk-produk Honda di Indonesia," ujar Communication Strategy Sub-Division Head PT HPM, Yulian Karfili.
Baca Juga: GAC AION UT Tawarkan Teknologi & Keamanan Kelas Dunia |
Fakta dan Data Perialanan Honda CR-V di Indonesia
Selama 25 tahun perjalanannya di Indonesia, CR-V telah mencatatkan lebih dari 240.000 unit penjualan, menjadikannya sebagai salah satu SUV paling laris di Indonesia. Hingga saat ini, CR-V juga tercatat sebagai model dengan masa eksistensi paling panjang dan paling konsisten di segmen SUV.Selain itu, mobil ini juga telah meraih lebih dari 50 penghargaan dari berbagai media otomotif nasional. Penghargaan ini mencakup kategori desain, kenyamanan, efisiensi bahan bakar, hingga nilai jual kembali, dan menjadi bukti pengakuan industri serta kepercayaan jangka panjang dari konsumen Indonesia.
CR-V pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 sebagai SUV pertama Honda di Indonesia. Dua tahun kemudian, pada 2002, CR-V menjadi model pertama Honda yang dirakit secara lokal (CKD) di pabrik Karawang, menandai tonggak penting dalam sejarah industrialisasi Honda di Indonesia.
Sejak generasi pertamanya, CR-V dikenal sebagai SUV yang menawarkan kenyamanan khas sedan dengan fungsi dan ketangguhan sebuah kendaraan serbaguna. DNA tersebut terus dipertahankan hingga lima generasi.
Baca Juga: Honda Step WGN e:HEV, Ketika Kebutuhan Kendaraan Modern jadi Kenyataan |
Ciri khasnya adalah kenyamanan berkendara, kepraktisan kabin, dan pengendalian yang mudah dalam berbagai kondisi jalan. Karakter inilah yang membuat CR-V tetap menjadi pilihan ideal bagi individu aktif, keluarga muda, hingga profesional urban.
Memasuki era elektrifikasi, mereka hadir dengan CR-V RS e:HEV pada tahun 2023, menjadikannya SUV hybrid pertama Honda yang dipasarkan di Indonesia. Model ini menjadi simbol transisi menuju mobilitas berkelanjutan tanpa mengorbankan performa dan kenyamanan yang telah menjadi ciri khas CR-V.
Di luar sisi produk, loyalitas terhadap CR-V juga tercermin dari komunitas-komunitas penggunanya yang terus berkembang. CR-V Club Indonesia, yang berdiri sejak tahun 2005, menjadi salah satu komunitas otomotif paling aktif dengan anggota dari berbagai generasi. Mereka rutin melakukan touring, kegiatan sosial, serta berbagi edukasi seputar perawatan dan pengalaman menggunakan CR-V.
Selain itu, CR-V juga memiliki ekosistem komunitas lain seperti CR-V Turbo Indonesia, CR-V Gen 2 Brotherhood, dan CR-V Gen 3 Brotherhood.
Baca Juga: Fenomena 'Perang Harga' di Industri Otomotif Indonesia, Siapa yang Diuntungkan? |
Masing-masing komunitas ini memiliki karakter dan loyalitas yang kuat terhadap generasi yang mereka gunakan, serta menjadi bagian dari perjalanan panjang CR-V sebagai SUV yang tak hanya digerakkan oleh mesin, tetapi juga oleh hubungan antarmanusia yang terbangun di balik kemudinya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id