Novak Djokovic memamerkan trofi Laureus Award 2019 (Foto:  Valery HACHE / AFP)
Novak Djokovic memamerkan trofi Laureus Award 2019 (Foto: Valery HACHE / AFP)

Djokovic dan Wenger Dapat Penghargaan Laureus Awards 2019

Olahraga atlet Laureus Awards 2019
Muhammad Al Hasan • 19 Februari 2019 19:04
Djokovic untuk kali keempat menyabet penghargaan olahragawan terbaik 2019. Ia menyamai rekor milik Usain Bolt dan hanya terpaut satu gelar dari rivalnya, Roger Federer sebagai peraih gelarWorld Sportsman of the Year terbanyak versi Laureus.
 
Monaco: Ajang penghargaan bagi para atlet dan olahragawan dunia, Laureus Award 2019 telah selesai digelar di Monako, Senin 18 Februari 2019. Tahun ini, olahragawan terbaik versi Laureus kembali datang dari dunia tenis.
 
Jika di tahun lalu Roger Federer dinobatkan sebagai olahragawan terbaik, kali ini giliran petenis Serbia, Novak Djokovic yang dipilih sebagai olahragawan terbaik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pemilihan tahun ini, Nole -sapaan akrab Djokovic- berhasil mengungguli lima nominasi lain, yakni; Mo Farah (atletik), Chris Froome (balap sepeda), Rafael Nadal (tenis), Lewis Hamilton (F1) dan Cristiano Ronaldo (sepak bola).

Baca:Lorenzo Punya Kemiripan dengan Ronaldo dan Messi


Dilansir sport24.co.za, Djokovic dinobatkan sebagai pemenang berkat kesuksesannya meraih dua gelar Grand Slam di tahun 2018, yakni US Open dan Wimbledon. Hebatnya lagi, ia melakukannya meski kembali ke lapangan usai mengalami cedera siku.
 
Berkat kesuksesannya ini, Djokovic total sudah empat kali memenangi penghargaan olahragawan terbaik atau World Sportsman of the Year. Sebelumnya, ia pernah menyabet gelar serupa pada tahun 2012, 201 dan 2016.
 
Capaian ini sekaligus membuat Djokovic menyamai rekor pelari asal Jamaika, Usain Bolt yang juga memenangi empat trofi (2009, 2010, 2013 dan 2017). Sementara itu, Roger Federer masih jadi pengoleksi gelar terbanyak. Maestro tenis asal Swiss ini sudah lima kali dinobatkan sebagai olahragawan terbaik versi Laureus (2005, 2006, 2007, 2008 dan 2018).
 
"Penghargaan Laureus adalah trofi yang ingin dimenangkan oleh setiap olahragawan. Dan ini adalah kehormatan besar bagi saya," ungkap Djokovic dalam pidatonya usai menerima penghargaan tersebut.
 
"Tahun lalu adalah musim yang luar biasa bagi saya. Kembali dari cedera lalu menjuarai Wimbledon dan US Open adalah sesuatu yang akan saya ingat selamanya. Saya senang dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Akademi Laureus atas dukungan mereka. ” pungkas petenis berjuluk The Djoker itu.
 
Di kategori putri, atlet senam Amerika Serikat, Simone Biles didapuk sebagai yang terbaik atau Laureus World Sportswomen of the Year. Biles dipilih berkat prestasinya memecahkan rekor sebagai atlet pertama yang berhasil menyapu bersih empat nomor yang dipertandingkan dalam sebuah kejuaraan dunia.
 
Dalam kejuaraan terakhir yang diikutinya di Doha, Biles berhasil mengemas empat medali emas, satu perak dan satu perunggu. Dengan hasil ini, pesenam yang baru berusia 21 tahun itu berhasil mengumpulkan total 20 medali di kejuaraan dunia.
 
Ia berhasil menyamai rekor milik Svetlana Khorkina, atlet senam andalan Rusia di era 1990 akhir - 2000an awal. Namun, Biles lebih unggul karena 14 medali yang diraihnya adalah medali emas. Sementara Khorkina hanya meraih 9 emas.
 
Ini adalah kali kedua Biles dianugrahi penghargaan Laureus. Di tahun 2017 ia pun mendapat penghargaan dari nominasi serupa.

Baca juga:Reaksi Joko Driyono Usai Diperiksa 20 Jam


Laureus Awards merupakan acara rutin tahunan yang digelar untuk memberikan penghargaan tertinggi bagi para atlet dan olahragawan terbaik dunia. Sebanyak 68 legenda olahraga diminta untuk memilih atlet terbaik sesuai kategorinya masing-masing.
 
Selain olahragawan terbaik putra dan putri, tahun ini ada 12 kategori penghargaan yang diberikan. Salah satunya adalah Laureus Lifetime Achievement yang diberikan kepada Arsene Wenger.
 
Mantan pelatih Arsenal ini dipilih berkat pengabdiannya di dunia sepak bola selama 22 tahun. Ia juga sempat membuat Arsenal jadi tim yang tidak terkalahkan dalam satu musim atau lebih dikenal dengan "The Invincibles" pada 2003--2004.
 
Berikut kategori dan pemenang penghargaan Laureus Awards 2019:
 
World Sportsman of the Year: Novak Djokovic (Tenis/Serbia)
 
World Sportswoman of the Year: Simone Biles (Senam/Amerika)
 
Lifetime Achievement Award: Arsene Wenger (Prancis)
 
World Comeback of the Year: Tiger Woods (Golf/Amerika)
 
World Breakthrough of the Year: Naomi Osaka (Tenis/Jepang)
 
World Team of the Year: Timnas Prancis (juara Piala Dunia 2018)
 
Sporting Moment of the Year: Xia Boyu (pendaki/Tiongkok)
 
Sporting for Good Award: Yuwa (Futsal/India)
 
Sport Person with a Disability of the Year: Henrieta Farkkasova (Ski/Slovakia)
 
Academy Exceptional Achievement: Eliud Kipchoge (Pelari/Kenya)
 
Spirit of the Sport: Lindsey Vonn (Ski/Amerika)
 
World Action Sportperson of the Year: Chloe Kim (Ski/Amerika)
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Janji Jokdri untuk PSSI


 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi