Suasana pertandingan catur internasional bertajuk GM & WGM Turnamen 2019 di Grand Inna Malioboro Yogyakarta. (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Suasana pertandingan catur internasional bertajuk GM & WGM Turnamen 2019 di Grand Inna Malioboro Yogyakarta. (Foto: medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Percasi Gelar Turnamen Catur Internasional di Yogyakarta

Olahraga catur
Ahmad Mustaqim • 14 Juni 2019 00:07
Lewat turnamen ini, Percasi berharap para pecatur Indonesia mendapatkan jam terbang dan meningkatkan Elo Rating mereka.
 
Yogyakarta:
Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (Percasi) menggelar kejuaraan catur Internasional di Grand Inna Malioboro Yogyakarta, 13-21 Juni 2019. Turnamen bertajuk 'GM & WGM Turnamen 2019 diikuti pecatur dari Asia dan Eropa.
 
Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto mengatakan, pihaknya menurunkan 12 pecatur. Atlet-atlet ini terbagi atas enam atlet putra dan enam atlet putri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kesempatan besar menimba pengalaman sekaligus mendapatkan norma Grand Master," jelas Utut di sela acara pada Kamis, 13 Juni 2019.

Baca:Salam Perpisahan Para Pebulu Tangkis Dunia untuk Lee Chong Wei


Menurut Utut, turnamen tersebut sebagai upaya meningatkan Elo rating calon-calon Grand Master Muda dan latih tanding bagi GM Susanto Megaranto serta WGM Medina Warda Aulia sebelum kejuaraan Catur Dunia 2019 di Rusia. Kedua pecatur andalan ini diikuti Azarya Jodi Setiaki, Novendra Priasmoro, Sean Winshand, dan Yoseph Theofilus Taher, untuk kategori putra.
 
Di kategori putri ada nama-nama seperti Chelsie Monica Sihite, Dewi AA Citra, Ummi Fisabilillah, Monica Putri, Tammi Nasuha Nurdin, dan Zahra Chumaira. Ia berharap para atlet bisa mengeluarkan potensi terbaik dengan lawan-lawan dari negara lain
 
"Kali ini memang lawan yang dihadirkan sangat baik dengan ELO Rating tinggi sehingga harapannya bisa menaikkan rating calon-calon Grand Master muda kita," kata dia.

Baca juga:Milan Pulangkan Bakayoko ke Chelsea


Nama-nama atlet dari negara lain yang ikut yakni GM Dmitry Kokarev dari Russia (2609), GM Ivan Sokolov dari Belanda (2595), GM Rustam Khusnutdinov dari Kazakstan (2471), WGM Gong Qianyun dari Singapura (2381), serta WGM Keti Tsatsalashvili dari Georgia (2356). Keti merupakan pecatur berpredikat juara bertahan setelah mampu menjadi yang terbaik di tahun 2018.
 
Di hari pertama, pertandingan diwarnai kejutan. Women Grand Master (WGM) Indonesia, Chelsie Monica mengalahkan Sophie Mille (Perancis).
 
Lalu, Grand Master (GM) Susanto Megaranto mengalahkan Ivan Sokolov (Belanda). Hasil lain, Lalu Ummi (Indonesia) seri lawan Gong Qian (Singapura). Selain itu, Sean, Novendra, Yosef seri (remis) dengan lawan-lawan mereka.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Mbappe Cetak Rekor saat Prancis Bantai Andorra

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif