Menpora Imam Nahrawi (Foto: Adam Dwi)
Menpora Imam Nahrawi (Foto: Adam Dwi)

Alasan Menpora Optimistis Indonesia Mampu Gelar Olimpiade 2032

Olahraga kemenpora Olimpiade 2032
Muhammad Al Hasan • 21 Februari 2019 21:53
Sukses Indonesia menggelar Asian Games dan Asian Para Games 2018 adalah bukti nyata bahwa Indonesia siap menggelar event yang lebih besar lagi, yakni Olimpiade 2032.
 
Jakarta:
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi optimistis Indonesia mampu menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar dunia, Olimpiade pada tahun 2032. Menpora membeberkan beberapa alasan mengapa Indonesia layak mencalonkan dan menjadi tuan rumah.
 
Bukti paling sahih yang bisa mendukung gagasannya adalah suksesnya gelaran Asian Games dan Asian Para Games 2018. Imam menambahkan bahwa pesta olahraga terbesar di Asia itu sukses besar meski dengan persiapan yang tidak lama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengenai ini semua, tentu didasari atas sebuah kepastian dan kenyataan yang sudah bersama-sama kita banggakan yaitu Asian Games dan Asian Para Games 2018," kata Imam kepada Metro Siang, Kamis, 21 Februari 2019.

Baca:Gelar MotoGP pada 2021, Sirkuit Mandalika Siap Berbenah


"Meskipun persiapannya pendek, hanya kurang lebih tiga tahun, tetapi Indonesia dengan kebersamaan, kekompakan dan keinginan yang kuat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi negara-negara peserta, telah menunjukan hasil yang baik dan maksimal. Itu betul-betul menggembirakan bagi masyarakat Asia dan dunia," lanjut dia.
 
Selain itu, berkaca kepada penyelenggaraan Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil pada 2016, Indonesia lebih siap secara infrastruktur. Karena menurut Imam, pada Olimpiade Brasil, infrastruktur dibangun secara mendadak. Sementara Indonesia, sudah memiliki infrastruktur dan venue bekas Asian Games.
 
"Soal infrastruktur misalkan, kita ini beda sekali dengan Brasil, karena infrastruktur yang mereka siapkan itu betul-betul baru, sementara hari ini, kita punya infrastruktur dan venue-venue berstandar dunia pasca-Asian Games sehingga tidak butuh banyak untuk infrastruktur baru," ujar Imam.

Baca juga:Sosok Ketum PSSI Ideal Versi Menpora


Namun, unsur atau alasan yang paling penting menurutnya adalah bahwa Presiden Joko Widodo sudah berkomitmen. Ia bilang bahwa Presiden Jokowi berkomitmen penuh bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan event multinasional yang biddingnya bakal dilakukan di tahun 2025 itu.
 
"Bapak presiden Jokowi betul-betul berkomitmen bahwa sesungguhnya kita bisa lagi untuk menjadi tuan rumah multievent yang lebih besar lagi yaitu Olimpiade," ujar dia.
 
"Dan kalau persiapannya lebih panjang dan segenap sumber daya manusia ini kita satukan bersama-sama, maka tidak ada kata lain kecuali kita bisa menyelenggarakan yang lebih baik dan sempurna lagi baik dari sisi penyelenggaraan maupun prestasi," lanjut dia.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Legenda Liverpool Bicara Nostalgia Istanbul

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi