Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang nantinya bakal disulap jadi Siruit Jalan Raya untuk menggelar MotoGP mulai 2021 - 2023. (Antara - Ahmad Subaidi)
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang nantinya bakal disulap jadi Siruit Jalan Raya untuk menggelar MotoGP mulai 2021 - 2023. (Antara - Ahmad Subaidi)

Gelar MotoGP pada 2021, Sirkuit Mandalika Siap Berbenah

Olahraga motogp motogp indonesia
Antara • 21 Februari 2019 21:19
Indonesia sudah menjalin kesepakatan dengan promotor MotoGP, Dorna, untuk menjadi tuan rumah MotoGP mulai tahun 2021. Kerja sama ini berlangsung selama tiga tahun.
 
Lombok:
Indonesia dipastikan kembali menjadi tuan rumah MotoGP mulai tahun 2021. Sirkuit Jalan Raya Mandalika di kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat.
 
Kepastian Indonesia menggelar MotoGP didapat usai BUMN pengembang destinasi pariwisata terpadu, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani Promotor's Agreement dengan promotor MotoGP, Dorna Sport SL.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan, Sirkuit Jalan Raya Mandalika akan jadi tuan rumah MotoGP selama tiga musim. Di mulai pada tahun 2021 sampai 2023.

Baca:Indonesia Bakal Punya Sirkuit MotoGP di Mandalika


Untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam pembangunan sirkuit yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, ITDC bekerja sama dengan anak perusahaan konstruksi global dari Prancis, Vinci Construction Grands Projets (VCGP).
 
Dalam kerja sama ini, ITDC bertanggung jawab membangun jalan dasar dan sarana pendukung. Sedangkan pembangunan terkait paddock, aspal dan teknis lain yang berhubungan dengan balapan akan dikerjakan oleh VCGP.
 
"ITDC bertanggung jawab membangun pembentukan badan jalan mulai Oktober tahun ini. Ada beberapa terowongan juga yang harus dibuat, sehingga nanti akhir tahun 2020 uji kelayakan. Setelah itu nanti diputuskan kita ikut race Maret atau Oktober 2021," Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC, Ngurah Wirawan dilansir Antara.
 

Baca juga:2018, Sirkuit Jalan Raya dan Fasilitas Olahraga Terpadu Tersedia di KEK Mandalika
 
Pembangunan badan jalan, lanjut Wirawan, diperkirakan memakan waktu 6-9 bulan dan selesai pada semester-II Tahun 2020. Selain itu, jaringan drainase bawah tanah dengan kedalaman 2x2 meter juga dipersiapkan untuk membangun jaringan pipa air, gas, listrik dan fiber
optik. Menurut dia, jaringan drainase bawah tanah harus selesai terlebih dahulu sebelum jalan dilapisi aspal yang sesuai untuk trek balap.
 
Wirawan menambahkan, untuk pembangunan infrastruktur di KEK Mandalika, termasuk untuk sirkuit jalan raya, membutuhkan investasi sebesar Rp4,54 triliun.
 
"Seluruhnya itu Rp4,5 triliun sampai 7 tahun ke depan, tetapi yang kita belanjakan Rp3,6 triliun akan habis terserap dalam 3 tahun sampai 2021," kata dia.
 
Indonesia diketahui sudah cukup lama absen jadi tuan rumah MotoGP. Ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini terakhir kali diselenggarakan di Indonesia yakni pada tahun 1997, yakni di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. (Ant)
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Janji Jokdri untuk PSSI

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi