Takefusa Kubo. (Foto: Istimewa)
Takefusa Kubo. (Foto: Istimewa)

8 Pemain Jebolan J.League yang Berpotensi Mengguncang Eropa Musim Ini

Kautsar Halim • 13 Agustus 2022 10:23

 
6. Reo Hatate (Celtic) - 24 tahun
Reo Hatate menimba ilmu sepak bola di SMA Shizuoka Gakuen dan di Universitas Juntendo sebelum kemudian direkrut Kawasaki Frontale pada 2018. Hatate kemudian menjalani debutnya di J1 League bersama Frontale pada 7 Desember 2019 saat melawan Hokkaido Consadole Sapporo.
 
Total, Hatate sempat bermain 75 kali untuk Frontale dengan kontribusi 12 gol dan 9 assist sambil mempersembahkan dua gelar J1 League, satu Piala Kaisar, dan satu Piala Super Jepang untuk Frontale.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hatate menjalani debutnya di timnas Jepang saat melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 29 Maret 2022. Dia sudah resmi diboyong Celtic pada awal tahun 2022 dan akan bermain di liga tertinggi Skotlandia pada musim ini bersama rekan senegara Daizen Maeda, Kyogo Furuhashi, dan Yosuke Ideguchi
 
7. Mizuki Arai (Gil Vicente) - 25 tahun
Tak seperti pemain Jepang kebanyakan, Arai justru langsung menjalani debut profesionalnya di Eropa atau bersama klub Austria SV Horn pada 2016. Namun sebelumnya, dia sempat menimba ilmu di akademi pemain muda Kashiwa Reysol dan Urawa Red Diamonds.
 
Arai kemudian kembali ke Liga Jepang pada 2017 untuk membela SC Sagamihara, Kataller Toyama, dan kemudian hijrah ke Tokyo Verdy pada musim panas 2019 lalu. Musim panas tahun ini, Arai bakal kembali ke Eropa usai diboyong oleh tim kasta teratas Liga Portugal, Gil Vicente.
 
Di Jepang, Arai sudah bermain 11 kali untuk SC Sagamihara, 36 kali untuk Kataller Toyama, dan 65 kali untuk Tokyo Verdy di semua ajang.
 
8. Yukinari Sugawara (AZ Alkmaar) - 22 tahun
Yukinari Sugawara adalah bek kanan timnas Jepang yang mengawali kariernya di akademi pemain muda Nagoya Grampus. Dia menjalani debut bersama tim utama Grampus pada 24 Februaru 2018 atau ketika melawan Gamba Osaka pada laga pembuka musim.
 
Saat itu, Sugiwara masih berusia 17 tahun 7 bulan 27 hari dan langsung jadi pemain termuda kedua dalam sejarah J1 League setelah Junichi Inamoto yang menjalani debutnya di liga kasta tertinggi Jepang 1997 silam.
 
Sugawara juga jadi pemain termuda yang menandatangani kontrak profesional bersama Nagoya Grampus, klub yang ia bela hanya satu setengah musim sebelum hijrah ke Eropa. Pada musim panas 2019, Sugawara direkrut tim Liga Belanda, AZ Alkmaar, awalnya sebagai pinjaman sebelum kemudian dipermanenkan setahun berikutnya.
 
Total, Sugiwara telah bermain 24 sebanyak kali untuk Nagoya Grampus sebelum pindah ke Eropa. Selain itu, dia sudah menjalani debutnya bersama timnas Jepang sejak melakoni laga persahabatan kontra Kamerun pada 9 Oktober 2020 silam.
 
(KAH)
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif