Takefusa Kubo. (Foto: Istimewa)
Takefusa Kubo. (Foto: Istimewa)

8 Pemain Jebolan J.League yang Berpotensi Mengguncang Eropa Musim Ini

Kautsar Halim • 13 Agustus 2022 10:23
Jakarta: J.League termasuk salah satu produsen pemain muda terbaik dari benua Asia. Buktinya, semakin banyak pemain muda asal liga Jepang yang bisa melanglang buana ke Eropa dan jadi andalan klub-klub Benua Biru. 
 
Tak terkecuali musim ini, terdapat beberapa nama pemain muda berbakat asal Jepang yang mungkin bisa mengguncang sepak bola Eropa. Berikut daftar rising star Negeri Matahari Terbit  yang sempat bermain di J.League dan kini berkarier di liga-liga top Eropa:
 
1. Takehiro Tomiyasu (Arsenal) - 23 tahun 
Tomiyasu adalah pemain timnas Jepang yang kini membela klub Liga Primer Inggris, Arsenal. Dia masih berusia 23 tahun dan bisa bermain sebagai bek kanan maupun bek tengah. Dia sudah menjadi andalan Jepang sejak melawan Panama pada 12 Oktober 2018 silam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tomiyasu lahir di Fukuoka dan masuk akademi klub J.League lokal di sana, Avispa Fukuoka, saat berusia 11 tahun atau pada 2009. Lima tahun di akademi, Tomiyasu langsung menjalani debut tim senior di laga Piala Kaisar melawan Machida Zelvia pada 14 Oktober 2015.
 
Meski demikian, Tomiyasu baru menjalani debut di J.League pada 13 Juli 2016 dan menjelma menjadi salah satu pemain Avispa Fukuoka yang jarang tergantikan. Setelah tampil sebanyak 56 laga (termasuk di J.League), Tomiyasu memilih pindah ke klub Belgia, Sint-Truiden, pada awal 2018.
 
Setengah musim di Sint-Truiden, Tomiyasu langsung dibeli Bologna dan bermain dua musim di Serie A Italia. Ternyata, performa menawannya di sana membuat Arsenal kepincut dan dia pun pindah ke London sejak musim panas 2021.
 
2. Kaoru Mitoma (Brighton and Hove Albion) - 25 tahun
Mitoma lahir di Oita dan tumbuh besar di Kawasaki, Jepang. Dia bergabung dengan akademi pemain muda Kawasaki Frontale sejak level U-10 dan sempat bermain untuk Universitas Tsukuba sambil mengambil program studi Ilmu Keolahragaan.
 
Mitoma kembali ke Kawasaki Frontale dengan menandatangani kontrak profesional pertamanya pada 2018 dan langsung dipercaya membantu tim senior Frontale dua tahun kemudian. Debut Mitoma di J.League terjadi pada laga pembuka musim 2020 melawan Sagan Tosu. Setelah itum dia jarang tergantikan sebagai winger Frontale. 
 
Pada musim pertamanya, Mitoma mencatat 13 gol dan 13 assist dalam 30 penampilan di J.League. Dia merupakan pemain debutan pertama di liga kasta tertinggi Jepang yang bisa cetak dobel digit gol serta assist sejak 2014, sebelum akhirnya membawa Frontale juara pada 2020.
 
Dalam satu setengah musim membela Frontale, Mitoma sempat tampil 61 kali di semua ajang dengan catatan 30 gol dan 20 assist. Setelah itu, dia baru diboyong klub Liga Primer Inggris, Brighton and Hove Albion, pada musim panas 2021.
 
Paa tahun pertamanya bersama bersama Brighton, Mitoma harus terima dipinjamkan kepada klub Belgia Union SG. Tapi pada musim ini, dia sudah kembali untuk membantu Brighton mengarungi Liga Primer Inggris 2022--2023.
 
Mitoma juga masih menjadi andalan timnas Jepang sejak menjalani debutnya dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Oman yang berlangsung pada 16 November tahun lalu.
 
 
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif