Gedung DPR. Foto: MI/Bary Fathahillah
Gedung DPR. Foto: MI/Bary Fathahillah

Formappi Sebut Jumlah Rapat Tertutup di DPR Meningkat

Nasional politik rapat paripurna DPR RI
Kautsar Widya Prabowo • 12 Mei 2022 17:56
Jakarta: Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menyebut DPR telah melakukan 27 kali rapat secara tertutup selama masa sidang ke IV. Jumlah ini setara 17,09 persen dari total 158 kali rapat yang dilakukan.
 
"Jumlah rapat tertutup selama masa sidang IV ini meningkat bila dibandingkan dengan masa sidang III yang hanya 12,34 persen," ujar peneliti senior Formappi M Djadijono dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Djadijono menyebut dengan kondisi tersebut komisi di DPR berkecenderungan menggelar rapat secara tertutup. Adapun komisi yang kerap menggelar rapat secara tertutup ialah komisi I, VI, dan VIII.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Formappi: 40 RUU di Prolegnas, Cuma 3 Disahkan
 
Formappi mencatat masing-masing komisi melakukan tujuh kali rapat tertutup atau 50 persen dari 14 kali rapat yang dilakukan. "Semakin mengancam motto open parliament Indonesia," tutur dia.
 
Sedangkan, komisi yang kerap menggelar rapat secara terbuka ialah Komisi V, IX, X, dan XI.
 
Kendati demikian, Formappi mencatat peningkatan rapat selama masa sidang ke IV dibandingkan masa sidang sebelumnnya. Komisi I sampai XI telah melakukan 158 kali rapat. Sedangkan, jumlah rapat komisi selama masa sidang III tercatat 154 kali.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif