Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Adam Dwi

Wapres Instruksikan Pemda Memperbanyak Program Pemberdayan Ekonomi

Nasional Wapres Produk Dalam Negeri UMKM maruf amin pandemi covid-19
Emir Chairullah • 10 Mei 2022 08:26
Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menginstruksikan kepala daerah memperbanyak program pembangunan yang memberdayakan ekonomi masyarakat terdampak pandemi covid-19. Implementasi program tersebut bisa berupa kebijakan penciptaan lapangan kerja dan penguatan daya beli masyarakat.
 
“Saya minta program-program lebih banyak difokuskan pada penguatan daya beli dan penurunan kemiskinan,” kata Ma’ruf saat membuka Rakernas APPSI 2022 di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, dikutip Selasa, 10 Mei 2022.
 
Baca: Kunjungi Ragunan, Wapres Ingatkan Prokes Diperketat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Ma’ruf mendorong pemerintah daerah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), terutama generasi muda.
Begitu juga dengan penggunaan produk dalam negeri yang akan memperkuat ketahanan ekonomi nasional dalam menghadapi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.
 
“Seluruh aparat pemda agar memberikan contoh dalam penggunaan produk-produk dalam negeri, sehingga produk buatan kita menjadi raja di rumah sendiri,” ungkap dia.
 
Pemerintah daerah, lanjut Ma'ruf, juga harus menunjukkan komitmen keberpihakan terhadap UMKM dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional. Dukungan bisa melalui pemberian subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian modal kerja, insentif perpajakan, hingga penguatan teknologi digital bagi UMKM.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif