Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Medcom.id
Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Medcom.id

Pemegang Suket Diminta Segera Mencetak KTP-el

Nasional e-ktp kemendagri
Anggi Tondi Martaon • 04 November 2020 01:22
Jakarta: Pemegang surat keterangan (suket) diminta segera mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Blangko KTP banyak tersedia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten atau kota.
 
"Dukcapil siap melayani dan blangko cukup," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 November 2020.
 
Zudan menyampaikan Dukcapil berusaha memaksimalkan pelayanan pencetakan KTP-el. Hal ini untuk menjaga hak pilih masyarakat agar tidak hilang karena belum memegang KTP-el.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, 445 Dinas Dukcapil kabupaten/kota tetap melakukan proses perekaman dan pencetakan KTP-el selama libur nasional pada 28-31 Oktober 2020. Hasilnya, 17.542 masyarakat telah melakukan perekaman KTP-el. Sedangkan pencetakan KTP-el mencapai 79.136 keping.
 
"Jadi kami membangun semangat militansi para ASN Dukcapil ini justru untuk menyukseskan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang," ungkap dia.
 
Baca: 99,3% Wajib KTP-el di Gunungkidul Telah Lakukan Perekaman
 
Zudan mengkritik data kepemilikan KTP-el yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Data yang dikeluarkan KPU berbeda jauh dengan Ditjen Dukcapil.
 
Zudan menyampaikan jumlah wajib KTP yang belum merekam data sekitar 3 juta pemilih. Sedangkan jumlah DPT yang belum merekam data di sistem KTP-el mencapai 20,7 juta pemilih sebelum dilakukan pemutakhiran data.
 
"Sehingga bisa mengganggu reputasi Dukcapil. Dalam hitungan kami yang belum rekam tersebut tidak akan lebih dari 3 jutaan," ujar dia.
 
KPU telah melakukan pemutakhiran data pemilih yang belum memiliki KTP-el. Jumlahnya mencapai 4.684.825 pemilih.
 
Jumlah tersebut terdiri atas 1.89.231 pemilih sudah merekam data pada sistem KTP-el. Sedangkan 2.787.594 pemilih belum melakukan perekaman data.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif