Anggota Komisi I DPR Willy Aditya. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Anggota Komisi I DPR Willy Aditya. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Prabowo Diminta Pikir Ulang Soal Pembelian Jet Eurofighter Typhoon

Nasional alutsista tni prabowo subianto
Anggi Tondi Martaon • 22 Juli 2020 10:07
Jakarta: Anggota Komisi I Willy Aditya meminta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mempertimbangkan kembali rencana pembelian jet tempur Eurofighter Typhoon. Pemerintah sebaiknya membeli alat utama sistem pertahanan (alutsista) serupa, yakni Sukhoi SU-35.
 
"Dari jenis Tyhpoon yang mau dibeli ini kan sebenarnya kita sudah punya Sukhoi SU-35," kata Willy melalui keterangan tertulis, Rabu, 22 Juli 2020.
 
Menurut Willy, pembelian alutsista model berbeda dengan yang sudah dimiliki Indonesia tidak efisien. Terutama pada biaya perawatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Fraksi NasDem di DPR itu mengatakan Indonesia sudah menganggarkan sistem perawatan untuk Sukhoi SU-35. Mulai peralatan, suku cadang, dan kebutuhan lainnya.
 
Kalau pemerintah membeli jenis yang berbeda, kata dia, negara otomatis harus mengeluarkan anggaran lebih. Hal ini diyakini juga berdampak pada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).
 
"Pak Prabowo harus pikirkan juga hal ini. Lebih baik beli dari model yang sama saja," ujar dia.
 
Baca: Rencana Pembelian 8 Unit Pesawat Osprey Warisan Terdahulu
 
Prabowo berencana membeli pesawat tempur buatan konsorsium Eropa, Eurofighter Typhoon. Jet tempur jenis delta wing itu dioperasikan oleh Angkatan Udara Austria.
 
Prabowo bahkan sudah mengajukan proposal pembelian ke pemerintah Austria. Foto dokumen pengajuan diunggah oleh kantor berita Kronen Zeitung.
 
Dalam surat bernomor 60/M/VII/2020 bertanggal 10 Juli 2020 itu, Kemenhan mengajukan pembelian 15 unit Eurofighter Typhoon. Pembelian dilakukan untuk memodernisasi alutsista TNI AU.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif