Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Fajar Nugraha
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Fajar Nugraha

NasDem Usul Pembahasan RUU Permusikan Ditunda

Nasional Kisruh RUU Permusikan
Arga sumantri • 14 Februari 2019 03:00
Jakarta: Partai NasDem menilai Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan belum layak dilanjutkan pembahasannya menjadi UU. NasDem pun mengusulkan RUU Permusikan ditunda hingga anggota DPR yang baru dilantik.
 
"Lebih baik ini ditunda pembahasannya sampai DPR yang baru terbentuk nanti setelah pemilu dengan ruang lingkup yang lebih luas dan komperhensif," kata Sekjen NasDrm Johnny G Plate di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Februari 2019.
 
Usulan penundaan ini muncul setelah NasDem menggelar focus group discussion (FGD) bersama kader musisi NasDem. Usulan ini, kata Johnny, juga demi kepentingan melindungi seni, kepentingan nasional, dan universalitas seni itu sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Juga melindungi kreasi seni dengan ruang penjelajahan yang luas tapi di bawah payung ideologi dan kultur kita sebagai bangsa," paparnya.
 
(Baca:NasDem Menilai Draf RUU Permusikan Belum Layak)
 
Pertimbangan lain, NasDem menilai ada beberapa UU yang penting untuk segera diselesaikan. Misalnya, revisi UU tentang ketentuan umum perpajakan, UU penerimaan negara, dan revisi UU terkait moneter Indonesia.
 
"Agar dia relevan dengan perkembangan moneter, perkembangan perekonomian kita, penerimaan negara, baik pajak maupun non pajak," jelasnya.
 
RUU Permusikan, kata Johnny, sejatinya masih menjadi bagian dari UU Kebudayaan, Kesenian, dan Hak Cipta. NasDem pun menilai kodifikasi UU tersebut lebih penting ketimbang membahas RUU Permusikan.
 
"Para caleg artis NasDem melihat dalam perspektif yang luas sehingga kita tidak menjadikan UU yang nanti terbentuk menyulitkan berkembangnya seni dan musik itu sendiri," pungkasnya.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif