Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: istimewa
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: istimewa

Kloter Pertama Haji Indonesia Direncanakan Berangkat 4 Juni 2022

Nasional kementerian agama haji ibadah haji Yaqut Cholil Qoumas
M Iqbal Al Machmudi • 25 April 2022 16:58
Jakarta: Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa Indonesia akan memberangkatkan 100.051 jemaah haji pada penyelenggaraan haji tahun ini. Jemaah rencananya berangkat pada 4 Juni 2022.
 
Yaqut memerintahkan jajaran terkait bekerja cepat dan cermat mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji. "Saya tidak mau ada yang santai-santai, sebanyak apapun pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan ibadah haji,” kata Yaqut melalui keterangan tertulis, 25 April 2022.
 
Dia menegaskan kecepatan dan kecermatan dalam persiapan penyelenggaraan haji kali ini. Sebab, ini adalah kali pertama Indonesia memberangkatkan jemaah haji pada masa pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena haji kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejak beberapa hari lalu kita sudah bersusah payah untuk mendapatkan kuota haji, kali ini kita harus bersusah payah agar pelaksanaan haji bisa berjalan dengan baik dan lancar," tuturnya.
 
Baca: Menag Larang Jajarannya Cuti Mudik untuk Persiapan Haji
 
Sebelumnya, Kemenag bersama DPR menetapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang dibayar jemaah haji tahun ini, yaitu rata-rata sebesar Rp39,89 juta.
 
“Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) atau biaya yang dibayar langsung oleh jemaah haji rata-rata per jemaah disepakati sebesar Rp39.886.009. Ini meliputi biaya penerbangan, sebagian biaya akomodasi di Mekkah dan Madinah, biaya hidup (living cost), dan biaya visa,” papar Yaqut pada  rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Rabu, 14 April 2022.
 
Yaqut menjelskan Bipih merupakan salah satu komponen dari biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Komponen lain dari BPIH adalah biaya protokol kesehatan. Tahun ini disepakati biayanya senilai Rp808.618,80 per jemaah.
 
Komponen ketiga dari BPIH adalah biaya yang bersumber dari nilai manfaat keuangan haji yang disepakati sebesar Rp41.053.216,24 per jemaah. Jadi, total BPIH tahun ini disepakati sebesar Rp81.747.844,04 per jemaah.
 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif