Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. ANT/Aditya Pradana.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. ANT/Aditya Pradana.

Pemerintah Sepakat Gelar Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Nasional pemindahan ibukota
Dero Iqbal Mahendra • 05 Agustus 2019 07:10
Bogor: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro setuju menggelar sayembara arsitektur mendesain calon ibu kota baru di Kalimantan. Pemerintah ingin mengutamakan indentitas Indonesia di pusat pemerintahan anyar.
 
"Kita sangat setuju adanya usulan sayembara arsitektur tersebut. Itu merupakan salah satu cara kita untuk mendapatkan arsitektur seperti apa yang bergaya Indonesia," terang Bambang di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu, 4 Agustus 2019.
 
Usulan sayembara pertama kali disampaikan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Sayembara dinilai dapat menghimpun ide-ide terbaik desain ibu kota anyar. Bambang mengatakan Indonesia memiliki banyak arsitek berbakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berharap desain yang muncul sesuai dengan indikator dan parameter yang ditentukan pemerintah. Salah satunya ialah konsep forest city. Konsep ini menjadi tantangan tersendiri karena banyak hal yang perlu diperhatikan mulai temperatur, topografi, hingga bagaimana agar kota tersebut nyaman ditinggali tanpa merusak lingkungan sekitar.
 
Baca: Wajah Baru Ibu Kota
 
"Itu keharusan karena memang kita ada di Kalimantan yang merupakan kawasan paru-paru dunia. Tidak boleh jauh dari konsep itu sehingga arsitekturnya dan lingkungannya harus menyesuaikan," tutur Bambang.
 
Ibu kota anyar juga harus menggunakan energi yang terbarukan, manajemen pengelolaan sampah pintar, serta manajemen air yang terkontrol. Bappenas telah menyelesaikan kajian kelayakan lokasi. Hasil kajian pun segera dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Namun, Bambang belum dapat memastikan apakah lokasi ibu kota baru akan diumumkan oleh Jokowi bulan ini atau tidak.
 
Sementara itu, anggota Komisi VII DPR Ahmad M Ali menilai pemindahan ibu kota ke Kalimantan akan memberikan efek positif bagi perekonomian Indonesia timur, termasuk Sulawesi Tengah. Menurutnya, selama ini Sulawesi Tengah menjadi pemasok kebutuhan pangan dan logistik ke Kalimantan.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif