Monumen Nasional (Monas), Jakarta. (MI/ATET DWI PRAMADIA).
Monumen Nasional (Monas), Jakarta. (MI/ATET DWI PRAMADIA).

Wajah Baru Ibu Kota

Nasional pemindahan ibukota
Nur Azizah • 02 Agustus 2019 08:07
Jakarta: Pemerintah berencana membuat Ibu Kota baru di Kalimantan. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menyusun proyeksi pembangunan dalam 24 tahun mendatangkan.
 
Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan dalam empat tahun pertama, tahun 2021-2024, pihaknya akan mulai memindahkan Ibu Kota. Di tahun itu, pemerintah akan mulai menangani istana negara, gedung DPR dan MPR, serta gedung Mahkamah Agung hingga Mahkamah Konstitusi.
 
"Pada tahun 2021-2024 kita memulai proses pemindahan. Zona intinya pusat pemerintahan dengan luas sekitar dua ribu hektare, ditambah taman budaya dan botanical garden," kata Bambang di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan di tahun selanjutnya, yakni tahun 2025-2029, akan dilanjutkan dengan membangun rumah-rumah dinas untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri. Di tahun yang sama, pemerintah juga akan membangun gedung-gedung kedutaan besar, fasilitas kesehatan, sekolah, hingga universitas.
 
"Kita juga akan buat pangkalan militer, arena olahraga, hingga taman sains dan teknologi," imbuh dia.
 
Berlanjut di tahun 2030-2045, pemerintah memproyeksikan akan membangun konservasi orang utan dan membangun klaster perumahan untuk non-ASN. Kemudian, mengembangkan provinsi-provinsi sekitar, juga membangun taman nasional.
 
Bambang mengatakan pembangunan Ibu Kota baru harus dilakukan secara matang dan detail. Ibu Kota baru juga harus didesain visioner untuk 50 hingga 100 tahun mendatang.
 
"Kita tak ingin seperti Brasília, dia mendesain pada tahun 1960-an dan menargetkan hanya 500 ribu penduduk, tetapi hari ini ada 3,5 juta orang di sana," pungkas Bambang.
 
Pembangunan Ibu Kota baru bakal mengusung konsep forest city. Artinya, akan ada sekitar 50 persen ruang terbuka hijau yang terdiri dari taman, botanical garden, arena olahraga, dan lainnya.

 

(WAN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif