Kabinet Indonesia Maju. Foto: MI/Ramdani
Kabinet Indonesia Maju. Foto: MI/Ramdani

Pernyataan Menteri Ingin Nyapres Dinilai Bisa Jadi Evaluasi Jokowi

Nasional capres Kabinet Jokowi-Maruf Pemilu 2024 Pilpres 2024 Menteri Nyapres
Putra Ananda • 11 Mei 2022 01:38
Jakarta: Sejumlah menteri dalam kabinet Indonesia Maju diketahui telah menyatakan keinginannya kepada presiden untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Komunikasi politik yang terbuka antara Presiden Joko Widodo dengan para menteri terkait capres 2024 dinilai positif.
 
Pengamat Komunikasi Politik asal Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai komunikasi yang terbuka antara para menteri dengan Jokowi selaku presiden dapat menghindari kesalah pahaman yang berpotensi menganggu jalannya pemerintahan. Dengan pernyataan para menteri yang terbuka ingin nyapres juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Jokowi dalam mengelola kabinetnya.
 
"Komunikasi yang terbuka justru bagus. Sejatinya para tokoh-tokoh itu memang harus terbuka terkait maksudnya dalam pencapresan 2024 agar tidak ada kesalah pahaman dengan presiden," tutur Emrus saat dihubungi Media Indonesia, Selasa, 10 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pilpres 2024, Masyarakat Butuh Pemimpin Berprestasi
 
Setelah menyatakan keterbukaanya terkait minat menjadi capres 2024, Emrus menjelaskan para menteri juga tetap harus mengutamakan tugas-tugasnya sebagai pembantu presiden. Jangan sampai menteri-menteri potensial capres justru terjebak dalam euforia pencapresan tanpa mempedulikan kinerjanya sebagai pembantu Kepala Negara.
 
"Dengan kinerja yang baik sebagai menteri, tentu hal tersebut dapat membantu menteri yang bersangkutan untuk mendapatkan penilaian yang baik dari masyarakat sehingga berdampak positif bagi pencalonannya mendatang," ungkap Emrus.
 
Sebelumnya dalam rapat kabinet, Presiden Jokowi telah mengingatkan para menterinya untuk tetap fokus bekerja meski tahapan Pemilu 2024 dimulai sebentar lagi. Dia pun mewanti-wanti jajarannya agar memastikan bahwa agenda-agenda strategis nasional terselenggara dengan baik.
 
"Agar agenda-agenda strategis nasional yang menjadi prioritas kita bersama betul-betul bisa kita pastikan terselenggara dengan baik, pemilu terselenggara dengan baik, lancar, dan tanpa gangguan," ucap Presiden.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif