Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pilpres 2024, Masyarakat Butuh Pemimpin Berprestasi

Nasional pemilu capres Pilpres Pemilu 2024 Pilpres 2024
Media Indonesia.com • 10 Mei 2022 22:05
Jakarta: Masyarakat dinilai butuh pemimpin berprestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Peneliti psikologi politik Universitas Indonesia Dicky Pelupessy mengatakan masyarakat tak membutuhkan pemimpin yang sekadar berkuasa.
 
"Pemimpin yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah yang mampu meninggalkan kepentingan pribadi dan golongannya," kata Dicky dikutip dari Media Indonesia, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Baca: Masyarakat Desa di Yogyakarta Dukung Ganjar Jadi Presiden

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pemimpin berprestasi bakal memiliki itikad baik mewujudkan janji politik saat terpilih. Figur berprestasi juga dapat membawa kemajuan Indonesia dari segi ekonomi dan sosial.
 
Dicky mencontohkan pasangan yang memiliki potensi besar untuk maju di Pilpres 2024, seperti Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Gubernur Jawa Tengah dan Menteri Badan Usaha Milik Negara itu dinilai berprestasi di bidangnya dan mampu saling melengkapi.
 
"Kedua tokoh ini punya latar belakang yang berbeda yang bisa mencerminkan politik murni dan pengusaha yang masuk ke dunia politik," ujar Dicky.
 
Di sisi lain, dia tak menutup mata keduanya minim kapital politik. Namun, prestasi Ganjar-Erick membuat elektabilitas mereka cukup tinggi dan dapat bergerak lincak di tengah dinamika menuju pemilihan yang masih dinamis.
 
Apalagi, kata dia, partai politik cenderung mengusung sosok dengan elektabilitas tinggi. "Buat apa memiliki pasangan yang kuat di atas kertas, namun mesin pemenangannya tak optimal. Partai juga ingin menang dalam pemilihan legislatif (pileg) dan pilpres," kata Dicky.
 
Dia membandingkan pasangan Ganjar-Erick dengan Prabowo Subianto dan Puan Maharani. Dicky menilai Menteri Pertahanan dan Ketua DPR itu sama-sama memiliki modal politik, dan modal serupa itu tak saling melengkapi.
 
"Sosok Prabowo yang sangat kuat di politik harus diimbangi dengan sosok yang memiliki prestasi," kata Dicky.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif