Ilustrasi ASN. MI/Ramdani
Ilustrasi ASN. MI/Ramdani

Kebijakan ASN WFH Usai Lebaran Dinilai Sebagai Bentuk Ikhtiar

Nasional Kemendagri ASN DPR RI Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Anggi Tondi Martaon • 08 Mei 2022 18:50
Jakarta: Kebijakan pemerintah yang memperbolehkan aparatur sipil negara (ASN) menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) didukung. Kebijakan itu dianggap sebagai ikhtiar terhadap kelancaran arus balik dan melindung masyarakat.
 
"Saya sebagai mitra Pak Menteri (Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo) sangat mendukung inisiatif ini. Mudah-mudahan upaya sekecil ini memberikan kontribusi menjaga kesehatan rakyat kita," kata anggota Komisi II DPR Anwar Hafid kepada Medcom.id, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Anwar memaklumi kebijakan tersebut diambil pemerintah. Pasalnya, banyak masyarakat yang antusias merayakan idulfitri di kampung halaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan kepadatan lalu lintas saat arus balik. Masyarakat diprediksi kembali ke tanah rantau pada periode akhir libur lebaran.
 
"Makanya kita perlu waspada, jangan sampai lengah lagi. Jadi ini salah satu solusi kecil tapi ini bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga dan melindungi masyarakat," kata dia.
 
Baca: Imbauan Kapolri Terkait PNS dan Pegawai Swasta WFH Sepekan Dinilai Tepat
 
Selain itu, politikus Partai Demokrat itu menilai kebijakan WFH tak perlu diributkan. Pasalnya, sistem kerja tersebut bukan hal yang baru diterapkan.
 
Indonesia sudah memiliki pengalaman menerapkan WFH selama dua tahun terakhir. ASN diyakini bakal bisa melaksanakan kebijakan tersebut dengan baik.
 
"ASN kita sudah terbiasa melaksanakan itu selama dua tahun ini," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif