Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Fachri Audia
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Fachri Audia

Legislator NasDem Diminta Rangkul Generasi Z Lewat Medsos

Nasional Kongres NasDem
Fachri Audhia Hafiez • 10 November 2019 14:06
Jakarta: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbagi tips kepada legislator Partai NasDem dari pusat hingga daerah agar tetap berjaya pada Pemilu 2024. Kang Emil menyarankan para legislator merangkul generasi Z atau kelahiran 1995-2010.
 
"Kalau mau menang 2024 pelajari psikologis generasi Z yang lima tahun lagi akan mencoblos. Lima tahun lagi yang akan men-direct message (DM) teman-temannya untuk pilih NasDem atau tidak," ujar Emil dalam pemaparannya di Kongres ke-2 Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 10 November 2019.
 
Emil menekankan media sosial penting bagi setiap anggota legislatif di era revolusi digital saat ini. Legislator, kata dia, harus mengunggah aktivitas di media sosial untuk menarik perhatian generasi Z.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, para legislator bisa mengunggah aktivitas kedinasan sebanyak 70 persen di akun media sosial. Sisanya, bisa berisi unggahan bersifat pribadi, seperti aktivitas sehari-hari dan bersama keluarga.
 
Mantan Wali Kota Bandung itu menambahkan menampilkan sisi kemanusiaan di media sosial dan kedinasan menjamin koneksi emosi generasi Z. Hal itu diyakini akan berdampak pada perolehan suara NasDem pada 2024.
 
"Mereka (generasi Z) bosen melihat foto formal terus, pengen melihat ibu lagi di pasar, ingin melihat ibu lagi mesra sama suaminya, pingin lihat ibu sebagai orang tua yang baik lagi ngurus anaknya. Mereka menyukai nilai-nilai itu si generasi Z ini," ujar Emil.
 
Media sosial juga tak boleh kaku. Para legislator diminta menyelipkan kata-kata humor dalam unggahan mereka. Emil menekankan komunikasi serupa itu dinilai efektif dengan karakter masyarakat Indonesia.
 
"Fotonya boleh formal, tapi postingnya dibikin agak lucu-lucu kira-kira begitu. Itu lebih disukai oleh konstituen kita. Jaga cara komunikasi Inshaallah itu akan ada nempel di mereka (pemilih)," ujar Emil.
 


 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif