Pimpinan MPR berkunjung ke kediaman Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Pimpinan MPR berkunjung ke kediaman Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Bamsoet Pastikan Amendemen Terbatas Tak Sentuh Sistem Pemilihan Presiden

Nasional Amendemen UUD 45
Whisnu Mardiansyah • 11 Oktober 2019 06:00
Jakarta: Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) melawat ke kediaman Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Selain menyerahkan undangan pelantikan presiden, pun dibahas mengenai tindak lanjut amendemen terbatas UUD 1945.
 
"Bu Mega merupakan presiden masa transisi sebagai mandataris yang terakhir di MPR," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo usai pertemuan di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Dalam kesempatan itu, Bamsoet sapaan karibnya menjamin pembahasan amendemen terbatas hanya membahas Garis Besar Haluan Negara (GBHN). MPR membuka ruang kepada publik untuk memberi masukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Golkar itu menilai perlunya menghidupkan kembali GBHN untuk menciptakan cetak biru atau blue print pembangunan Indonesia jangka panjang. Cetak itu in yang menjadi acuan meski era kepemimpinan berganti.
 
"Bagaimana kita bisa menciptakan ke depan ini suatu hal yang semacam cetak biru atau blue print Indonesia 50-100 tahun kedepan yang semua mengacu pada satu buku induk," ungkapnya.
 
Bamsoet menjamin amendemen tidak akan membahas soal perubahan sistem pemilihan presiden. Amendemen terbatas hanya menyangkut masalah ekonomi dan pembangunan Indonesia.
 
"Apakah amendemen ini akan mengubah sistem pemilihan presiden, tidak. Yang dimaksud perubahan terbatas adalah menyangkut masalah ekonomi dan pembangunan Indonesia dalam 50-100 yang akan datang," tegas Bamsoet.
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif