Ilustrasi vaksin covid-19. Foto: MI
Ilustrasi vaksin covid-19. Foto: MI

Populer Nasional: 165,2 Juta Orang Divaksinasi dan DPR Janji Kawal Keberpihakan Regulasi Buruh

Nasional buruh Papua organisasi papua merdeka DPR RI vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Nasional Hari Buruh Sedunia
Achmad Zulfikar Fazli • 02 Mei 2022 07:05
Jakarta: Sejumlah isu menjadi yang terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id pada Minggu, 1 Mei 2022. Mulai dari perkembangan vaksinasi covid-19 hingga pelaksanaan hari buruh.

Berikut tiga berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. 165,2 Juta Orang Rampung Divaksinasi per 1 Mei

Jumlah masyarakat Indonesia yang disuntik vaksin covid-19 dosis kedua terus bertambah. Total 165.230.060 orang telah menerima vaksin lengkap per Minggu, 1 Mei 2022.
 
"Jumlah yang disuntik dosis kedua bertambah sebanyak 95.801 orang," tulis data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dikutip pada Minggu, 1 Mei 2022.
 
Baca: 1 Mei, 14 Juta Lansia Telah Divaksin Booster
 
Sementara itu, Kemenkes mencatat tidak ada yang disuntik vaksin dosis pertama hari ini. Sehingga, jumah penerima vaksin dosis pertama stagnan 199.346.528 orang.
 
Selengkapnya baca di sini

2. Pembangunan Budaya dan Rekonsiliasi Dinilai Dasar Penyelesaian Konflik Papua

Pendekatan agama dan adat merupakan salah satu cara menyelesaikan perrmasalahan Papua. Unsur adat dan gereja bisa dilibatkan karena punya sinergisitas dalam kehidupan masyarakat Bumi Cenderawasih.
 
“Di Papua ada istilah tiga tungku, yaitu adat, gereja, dan pemerintah, ketiganya ada sinergisitas bagi masyarakat Papua," kata Koordinator Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Pegunungan Tengah Papua, Pendeta Alexsander Mauri, dalam keterangan tertulis, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Mauri mengatakan pemuda Papua bisa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri melalui budaya, lagu, tari, dan alat musik tifa. Sedangkan, gereja dan adat bisa lebih difasilitasi dan diberikan kewenangan untuk bergerak dan membantu pemerintah menghadapi setiap permasalahan yang terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika tokoh agama diberikan dukungan dan mandat, dia menjamin masalah akan selesai. Pemerintah perlu melihat peluang memberikan kepercayaan kepada tokoh agama untuk tampil membantu menyelesaikan permasalahan Papua.
 
“Manusia memiliki nurani yang bisa diisi oleh ajaran kebaikan agama, sehingga pendekatan religi dan kultur diperlukan, tokoh agama perlu didukung untuk membantu selesaikan permasalahan Papua“ ujar dia.
 
Selengkapnya baca di sini

3. Hari Buruh, Ketua DPR Tegaskan Komitmen Mengawal Keberpihakan Regulasi Buruh

Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan selamat Hari Buruh bagi seluruh pekerja di Indonesia. Di peringatan May Day hari ini, Legislatif dipastikan berkomitmen dalam menciptakan dan mengawal regulasi yang berpihak pada buruh.
 
"Sejak menjadi anggota DPR pada 2009 hingga kini menjabat sebagai Ketua DPR, komitmen saya mengawal keberpihakan regulasi pada buruh tak pernah luntur," kata Puan kepada wartawan, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Puan mengeklaim bersama fraksi PDI Perjuangan pernah memperjuangkan rancangan undang-undang terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan. RUU BPJS akhirnya disahkan di Si­dang Paripurna DPR pada 28 Ok­tober 2011 setelah tekatung-katung tujuh tahun.
 
Manfaat UU itu sampai sekarang masih dirasakan masyarakat. Dengan BPJS kesehatan, kata Puan, masyarakat khususnya pekerja bisa mendapatkan pengobatan gratis.
 
"Sementara dengan BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja bisa mendapatkan berbagai manfaat, mulai dari jaminan akan keselamatan kerja hingga jaminan hari tua," kata Puan.
 
Baca: May Day, Partai Buruh Serukan 5 Tuntutan
 
Selengkapnya baca di sini
 
Artikel di Kanal Nasional Medcom.id terus diperbarui. Klik di sini untuk mengetahui perkembangan informasinya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif