Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria (paling kanan) dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta. Foto: Suci Sedya Utami/Medcom.id
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria (paling kanan) dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta. Foto: Suci Sedya Utami/Medcom.id

Gerindra Siap Bantu Jokowi Lewat Luar Pemerintahan

Nasional kabinet jokowi
Suci Sedya Utami • 12 Oktober 2019 12:51
Jakarta: Partai Gerindra tak masalah jika tidak diajak bergabung ke dalam kabinet kerja jilid II. Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria memastikan partainya tetap siap membantu jalannya roda pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai penyeimbang.
 
"Bagi kami enggak ada masalah, tidak mesti harus duduk di kursi pemerintahan," kata Riza dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Oktober 2019.
 
Riza mengatakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Jokowi belum memiliki kesepakatan politik. Namun, dia menegaskan Gerindra akan terus berjuang untuk kepentingan bangsa, baik lewat kabinet maupun penyeimbang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi yang terpenting bukan di dalam atau di luar, tapi sama-sama berkompetisi memberikan yang terbaik untuk kepentingan bangsa," kata Riza.
 
Gerindra disebut-sebut bakal merapat ke koalisi pemerintahan. Partai besutan Prabowo itu juga dikabarkan sudah menyiapkan sejumlah nama untuk duduk di kabinet Jokowi-Ma'ruf.
 
Kabar itu kembali mencuat setelah Prabowo bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019. Jokowi mengakui ada pembahasan soal rencana bergabungnya Gerindra dengan koalisi pemerintah dalam pertemuan tersebut.
 
"Kami berbicara banyak mengenai kemungkinan partai Gerindra masuk ke kolisi kita," kata Jokowi.
 
Namun, Prabowo belum memutuskan sikap politik partainya. Jokowi akan menunggu jawaban Prabowo. "Belum final," kata Jokowi.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif