Senior Partai Demokrat Max Sopacua - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Senior Partai Demokrat Max Sopacua - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Tokoh Senior Demokrat Minta SBY Diganti

Nasional partai demokrat
M Sholahadhin Azhar • 13 Juni 2019 16:54
Jakarta: Pendiri dan tokoh senior Partai Demokrat yang tergabung dalam Presidium Gerakan Moral Penyelamat Partai Demokrat (GMPPD) meminta regenerasi kepemimpinan. Salah satu inisiator, Max Sopacua, menginginkan Kongres Luar Biasa (KLB).
 
"KLB kita tidak susah-susah, Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) tinggal minta AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) untuk memimpin partai ini," kata Max di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Juni 2019.
 
Para tokoh senior partai sekapat dengan kepiawaian AHY. Max menyatakan tak ada penolakan atas kepemimpinan anak sulung SBY ini. Namun, tetap semua hal terkait peralihan kepemimpinan harus disepakati kongres, sesuai peraturan partai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dorongan ini disebut Max bukan sekadar wacana. Pihaknya akan menyiapkan silaturahmi nasional untuk mengundang kader dan keluarga besar Demokrat untuk menyukseskan hal tersebut.
 
(Baca juag:Andi Arief dan Ferdinand Dianggap Merusak Demokrat)
 
Ini supaya KLB segera terlaksana serta persetujuan forum tertinggi partai untuk memilih pemimpin dan jajaran pengurus di bawah komandonya. Sedianya, KLB baru akan digelar pada 2020. Namun, Max menyebut pihaknya ingin KLB digelar tahun ini.
 
"Selambatnya pada 9 September 2019 mengingat telah berakhirnya Pemilu 2019 dan memasuki masa Pilkada 2020 demi mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di 2024," kata Max.
 
Ia membeberkan alasan mendesaknya KLB. Salah satunya yakni perolehan suara Demokrat di Pileg 2019. Menurut Max, diperlukan perombakan partai untuk memaksimalkan kerja dari mesin politik.
 
"Terkait kondisi ini, diperlukan adanya introspeksi dan evaluasi menyeluruh untuk kemudian bersama seluruh potensi dan kader guna membangkitkan semangat dan mengembalikan marwah serta kejayaan Partai Demokrat," kata Max.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif