Ilustrasi pemilihan umum. Medcom.id
Ilustrasi pemilihan umum. Medcom.id

Dampak Pembentukan DOB Papua, UU Pemilu Harus Segera Direvisi

Achmad Zulfikar Fazli • 06 Juli 2022 09:52
Jakarta: Pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Papua berdampak pada perubahan daerah pemilihan (dapil) dan jumlah alokasi kursi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. DPR dan pemerintah diminta segera merevisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa mengakomodasinya.
 
"(Perlu) melakukan penataan dapil dan alokasi kursi yang dilaksanakan dengan mengubah lampiran III dan lampiran IV UU Pemilu, khususnya untuk Provinsi Papua, dan menyesuaikan dengan kondisi terkini akibat adanya DOB," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022.
 

Baca: DPR Sahkan 3 RUU Pemekaran Papua


Total ada tiga DOB di Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah. Cakupan wilayahnya meliputi sebagian daerah Papua.

Berikut cakupan wilayah Provinsi Papua Selatan:

  1. Kabupaten Merauke
  2. Kabupaten Boven Digoel
  3. Kabupaten Mappi
  4. Kabupaten Asmat.


Berikut cakupan wilayah Provinsi Papua Tengah:

  1. Kabupaten Nabire
  2. Kabupaten Paniai
  3. Kabupaten Mimika
  4. Kabupaten Puncak Jaya
  5. Kabupaten Puncak
  6. Kabupaten Dogiyai
  7. Kabupaten Intan Jaya
  8. Kabupaten Deiyai.

Berikut cakupan wilayah Provinsi Papua Pegunungan Tengah:

  1. Kabupaten Jayawijaya
  2. Kabupaten Yahukimo
  3. Kabupaten Tolikara
  4. Kabupaten Mamberamo Tengah
  5. Kabupaten Yalimo
  6. Kabupaten Lanny Jaya
  7. Kabupaten Nduga.

Dapil dan Alokasi Kursi DPR

Berdasarkan lampiran III UU Pemilu, ada 29 wilayah dapil kabupaten atau kota atau kecamatan di Papua. Terdiri atas Jayapura, Sarmi, Keerom, Kota Jayapura, Kepulauan Yapen, Biak Numfor, Waropen, Supiori, Mamberamo Raya, Puncak Jaya, Tolikara, Puncak, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Yalimo, Paniai, Mimika, Dogiyai, Intan Jaya, Deiyai, Nabire, Jayawijaya, Nduga, Mamberamo Tengah, Lanny Jaya, Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat.
 
Dengan adanya DOB Papua, Wilayah dapil Papua berpotensi berkurang 19. Wilayah tersebut akan terbagi untuk masing-masing DOB, empat wilayah masuk Provinsi Papua Selatan, delapan wilayah masuk Provinsi Papua Tengah, dan tujuh wilayah masuk Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan demikian, wilayah dapil yang tersisa untuk Dapil Papua sendiri berjumlah 10 dapil, yakni Jayapura, Sarmi, Keerom, Kota Jayapura, Kepulauan Yapen, Biak Numfor, Waropen, Supiori, Mamberamo Raya dan Pegunungan Bintang," ujar dia.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif