Ilustrasi Partai NasDem.
Ilustrasi Partai NasDem.

Empat Politikus NasDem Dinilai Layak Masuk Kabinet

Nasional kabinet pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 30 Juni 2019 10:39
Jakarta: Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie menilai ada empat politikus Partai NasDem yang layak masuk kabinet Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Empat kader tersebut dinilai memiliki kapasitas dan rekam jejak yang mumpuni.
 
Jerry mencontohkan anggota Fraksi NasDem Kurtubi yang dinilai layak menduduki posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kurtubi merupakan lulusan Colorado School of Mines Amerika Serikat yang bergelut di industri tambang, seperti Komisaris PT Newmont Nusa Tenggara Barat dan staf ahli Dewan Komisi Pertamina.
 
Baca: Jokowi-Ma'ruf akan Hadiri Penetapan Paslon Terpilih

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kurtubi sebaiknya beliau diposisikan Jokowi di Manteri ESDM dan Ignasius Jonan ditarik ke posisi semula Menteri Perhubungan," kata Jerry di Jakarta, Minggu 30 Juni 2019.
 
Jerry juga menjagokan Ketua DPP Partai NasDem bidang Hukum dan Advokasi Taufik Basari. Taufik dinilai sebagai kader terbaik yang dimiliki partai besutan Surya Paloh itu.
 
"Taufik Basari sebaiknya diposisikan sebagai Menkumham. Jebolan Chicago University ini sudah dua kali jadi pembela Jokowi di MK. Yakni 2014 dan 2019 bersama Yuzril Iza Mahendra," jelas Jerry.
 
Jerry menilai Ketua Umum Partai NasDem juga layak masuk kabinet. Berdasarkan rekam jejaknya, Surya disebut layak menduduki posisi Menteri Sosial, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.
 
Untuk mewakili perempuan, Jerry menjagokan Ade Irma Suryani Chaniago. Ia menyebut Partai NasDem sangat berperan memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf.
 
"Dia telah membuktikan kemampuan saat kampanye dan sangat berani dan vokal mendukung Jokowi," kata Jerry.
 
Baca: Prabowo-Sandi Diharapkan Tetap Menghadiri Penetapan Paslon Terpilih
 
Partai NasDem memperoleh 9,05 persen suara pada Pileg 2019. Jumlah itu meningkat sebesar 2,33 persen dibandingkan Pileg 2014 sebesar 6,72 persen.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif