Fadli Zon Sepakat Usulan Dana Kelurahan
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon sepakat usulan dana kelurahan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Namun, ia menyayangkan usulan ini baru dikemukakan menjelang Pilpres 2019.

Fadli mengatakan sejatinya kelurahan mendapatkan perlakuan yang sama dengan desa yang sudah dibuatkan anggaran oleh pemerintah. Pasalnya, ia melihat ada kesenjangan antara desa dengan kelurahan.

"Pertanyaannya adalah kenapa sekarang? Kenapa nggak dari dulu? Kalau kita setuju dari dulu, harusnya desa dengan kelurahan itu treatment-nya sama," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 22 Oktober 2018.


Politikus Gerindra itu menyayangkan kebijakan yang bagus ini telat dikeluarkan. Justru sebaliknya, kini publik beranggapan kebijakan ini tak terlepas dari aspek politis menjelang Pilpres 2019. 

"Ya, kalau sekarang kan orang menilai pencitraan jadi sangat mudah karena memang di tahun politik dan di saat-saat memang menjelang pemilu," ujar dia. 

(Baca juga: Alasan Pemerintah Kucurkan Dana Kelurahan)

Fadli berharap anggaran untuk dana kelurahan hanya menjadi janji sesaat Jokowi untuk mendapatkan simpatik dari masyarakat.

"Jangan sampai ini karena hanya untuk kepentingan politik sesaat. Tetapi pada prinsipnya kita menyetujui," kata dia. 

Presiden Jokowi mengungkapkan pemerintah segera mengeluarkan program dana kelurahan pada 2019. Mengutip keterangan Biro Pers Kepresidenan, kebijakan tersebut diterbitkan menanggapi banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dana untuk tingkat kelurahan.

"Mulai tahun depan, perlu saya sampaikan, terutama untuk kota, akan ada yang namanya anggaran kelurahan. Banyak keluhan, Pak ada dana desa, kok enggak ada dana untuk kota? Ya sudah tahun depan dapat," tutur Presiden Jokowi di acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018, Jumat, 19 Oktober 2018.

Kementerian Keuangan sendiri menganggarkan Rp3 triliun untuk dana kelurahan di RAPBN 2019. Dana berasal dari pengalihan pos anggaran dana desa yang tadinya dianggarkan Rp73 triliun ke Dana Alokasi Umum (DAU).

(Baca juga: Dana Kelurahan Mencontoh Kesuksesan Dana Desa)
 



(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id