Dana Kelurahan Mencontoh Kesuksesan Dana Desa
Influencer Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Budiman Sudjatmiko--Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Influencer Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Budiman Sudjatmiko menyebut pemberian dana kelurahan merupakan produk lanjutan dari dana desa. Ia melihat total dana Rp187 triliun yang mengalir ke desa terbukti memacu perekonomian.

"Alhamdulillah pemerintahan Pak Jokowi adalah pemerintahan yang berhasil menurunkan ketimpangan sosial," kata Budiman di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.

Keberhasilan itu, kata dia, ingin diterapkan juga di lingkungan kecamatan. Pada dana desa, pemerintah butuh waktu tiga tahun untuk implementasi aturan UU desa dan menggenjot perekonomian.


Baca: Bima Arya: Dana Kelurahan Memang Ditunggu

Bukti keberhasilan, kata dia, angka kemiskinan menurun hingga di bawah 10 persen. Data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2018 mencatat angka kemiskinan di Indonesia yakni 9,82 persen atau setara dengan 25,95 juta jiwa.

"Selama tiga tahun itu rakyat desa sudah belajar. Sembari itu pemerintah menyaksikan," imbuh Budiman.

Dengan pembelajaran itu, ia melihat Presiden Jokowi ingin menerapkan hal serupa di kelurahan. Selain itu, pertimbangan atas permintaan dana dari masyarakat di kelurahan juga meningkat.
Sehingga, rancangan dan rencana penggelontoran dana tersebut dianggap sudah pas.

Terakhir, Budiman berharap dana untuk kelurahan tak sebesar dana desa. Plafonnya di angka Rp400 juta. Mengingat letak geografis kelurahan yang berdekatan dengan kota, meski tak dimungkiri ada juga kelurahan dengan ciri mirip desa.

"Kita juga berharap kelurahan menggunakan dana seperti desa, untuk investasi dan mencetak mesin uang sendiri," tandasnya.



(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id