Ratusan simpatisan Partai Hanura mendemo Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: Medcom.id/Candra.
Ratusan simpatisan Partai Hanura mendemo Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: Medcom.id/Candra.

Ratusan Simpatisan Hanura Demo KPU

Nasional oesman sapta pemilu serentak 2019
Candra Yuri Nuralam • 21 Januari 2019 13:18
Jakarta : Ratusan simpatisan Partai Hanura mendemo Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka meminta KPU memasukkan nama Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dalam daftar calon tetap (DCT) anggota DPD.
 
"Hari ini perlu kita pertanyakan sikap KPU RI tidak menjadikan OSO dalam DCT. Apa hak KPU tidak menetapkan OSO dalam DCT DPD RI," kata orator di depan Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin. 21 Januari 2019.
 
Mereka menilai KPU berjalan tidak sesuai aturan. Menurut mereka, KPU harus mematuhi aturan demi mengawal pesta demokrasi 2019 yang baik. "Kita curiga KPU bekerjasama dengan musuh OSO," teriak orator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Massa sempat memaksa masuk gedung dengan mendorong aparat keamanan, beberapa di antaranya melempar botol dan bambu penyangga bendera atribut partai.
 
Baca: Hasil Pemilihan Anggota DPD Berpotensi Digugat
 
Seperti diketahui, PTUN mencabut surat keputusan KPU tentang DCT anggota DPD pada Pemilu 2019. PTUN memerintahkan KPU menerbitkan DCT baru dan memasukkan nama OSO.
 
Namun, KPU tetap tidak memasukkan nama OSO ke dalam daftar calon tetap (DCT) anggota DPD. Sebab, OSO tidak mengundurkan diri dari kursi kepemimpinan partai.
 
KPU berpedoman pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 30/PUU-XVI/2018, yang melarang pengurus parpol mencalonkan diri sebagai caleg DPD .
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi