ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

E-Parlemen Permudah DPR Serap Aspirasi Masyarakat

Nasional DPR RI
Al Abrar • 19 November 2020 17:41
Jakarta: Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Evita Nursanty mengajak masyarakat menggunakan E-Parlemen untuk menyampaikan aspirasinya. E-Parlemen diklaim memudahkan wakil rakyat menyerap aspirasi masyarakat.
 
“Yang paling penting E-Parlemen ini untuk masyarakat, jadi memudahkan dalam berkomunikasi dengan DPR,” kata Evita, Kamis, 19 November 2020.
 
Penggunaan E-Parlemen, kata dia, akan meningkatkan akuntabilitas dan memudahkan transparansi kinerja anggota DPR. Apalagi, rapat-rapat DPR saat ini sudah dapat disaksikan melalui siaran langsung di TV Parlemen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, dalam kondisi pandemi covid-19, anggota DPR dapat terus menjalankan tugas pengawasan, legislasi, dan anggaran. Mereka juga memanfaatkan teknologi untuk mendukung rapat secara virtual.
 
Baca:Tanpa Instruksi Mendagri, Kepala Daerah Wajib Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan
 
Anggota Komisi VI DPR RI ini mengatakan E-Parlemen juga mengurangi penggunaan kertas dalam semua agenda kerja, dan secara bertahap menuju paperless. Pencarian dan penyimpanan dokumen-dokumen rapat juga lebih mudah karena semua sudah terdigitalisasi.
 
“Ketua DPR juga berkomitmen mewujudkan DPR menjadi parlemen yang modern, dan akuntabel. E-Parlemen ini jadi suatu keniscayaan yang harus diimplementasikan DPR RI,” ujar Evita.
 
Secara jangka panjang, metode ini mampu memangkas anggaran. Dokumen-dokumen rapat atau Undang-Undang yang sebelumnya dicetak dan difotokopi, saat ini sudah tinggal diunduh (download).
 
"Lebih efektif dan efisien. E-Parlemen menuju parlemen yang environmental free atau ramah lingkungan. Sudah pasti ada penghematan saat kita menerapkan E-Parlemen. Yang paling penting adalah keterbukaan dan memudahkan masyarakat,” ujar Evita.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif