Wali Kota Bogor Bima Arya/MI/Dede Susianti
Wali Kota Bogor Bima Arya/MI/Dede Susianti

Tanpa Instruksi Mendagri, Kepala Daerah Wajib Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan

Nasional mendagri Virus Korona protokol kesehatan
Dede Susianti • 19 November 2020 06:24
Jakarta: Wali Kota Bogor Bima Arya mendukung Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan. Menurut dia, seluruh kepala daerah wajib menegakkan aturan tersebut untuk mencegah penyebaran virus korona.
 
"Sudah kewajiban kepala daerah untuk tegakan aturan dan melindungi segenap warga. Tanpa instruksi Mendagri pun," kata Bima melalui pesan singkat, Rabu, 18 November 2020 malam.
 
Pun demikian, dia tak menampik perlu kerja sama seluruh pihak menegakkan protokol kesehatan. Kepala daerah tak bisa sendirian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perlu komitmen dan dukungan yang kuat dari semua unsur forkopimda. Aparatur birokrasi kan terbatas. Pol pp jumlahnya terbatas. Perlu dukungan dan komitmen yang sama dari warga dan juga TNI Polri," kata dia.
 
Baca:Instruksi Mendagri Tegaskan Sinergi Penegakan Protokol Kesehatan
 
Mendagri Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. Instruksi menegaskan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.
 
"Diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, dan terpadu antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menyikapi kebijakan yang telah terbit untuk ditaati guna mencegah penyebaran covid-19 di daerah, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," seperti dikutip dari intruksi Mendagri Nomor 6 Tahun 2020, Kamis, 19 November 2020.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif