Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam

Wapres Perintahkan PP Terkait Otsus Papua Kelar Oktober 2021

Nasional politik Papua Wapres Kemendagri maruf amin otonomi khusus papua
Emir Chairullah • 31 Agustus 2021 04:32
Jakarta: Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Peraturan Pemerintah (PP) pendukung terkait Undang-Undang Nomor 2 tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua bisa tuntas Oktober 2021. Hal tersebut sebagai tindak lanjut diundangkan revisi atas UU Otsus Papua.
 
“Saat rapat sebelumnya Wapres meminta seluruh peraturan pendukung UU Otsus harus segera tuntas secepatnya. Deadline 19 Oktober 2021,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Selasa, 31 Agustus 2021.
 
Pemerintah setidaknya harus merampungkan dua PP terkait dengan UU Nomor 2 tahun 2021. Dua PP itu ialah PP tentang Kelembagaan dan Kewenangan serta PP mengenai tata kelola keuangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kinerja DPR Dinilai Kurang Produktif
 
"Saat ini sedang ada pembahasan PP dengan melibatkan 33 kementerian/lembaga. Draft kasarnya sudah diserahkan Mendagri (Tito Karnavian) ke Wapres. Termasuk di dalamnya mengenai rencana pemekaran Provinsi Papua,” jelas Masduki.
 
Laporan Mendagri mengenai draft PP tersebut juga membahas badan khusus mengenai isu Papua. Badan khusus ini akan diketuai Ma'ruf Amin dengan tujuan melakukan sinkronisasi, harmonisasi, evaluasi, koordinasi pelaksanaan otsus, dan pembangunan di wilayah Papua.
 
Pada pertemuan tersebut, Wapres dan Mendagri turut membahas persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Jayapura. “Wapres meminta persiapan PON segera dituntaskan,” ucap Masduki.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif